hit counter

Tips Bercocok Tanam Hidroponik, Yang Mudah untuk Pemula

Liputanberitaku.com — Cara menanam Hidroponik adalah metode menanam tanaman tanpa menggunakan media tanam tanah. Secara harfiah, hidroponik mengacu pada penanaman di air yang mengandung berbagai macam unsur hara. Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) menggunakan sistem hidroponik untuk budidaya sayuran.

Hidroponik terkenal dengan kemudahannya dalam menanam sayuran. Sebagai pemula yang tidak pernah belajar pertanian sama sekali, Anda tidak perlu khawatir karena hidroponik sangat mudah diaplikasikan oleh siapapun.

Hidroponik sistem NFT (Nutrient Film Technique) banyak digunakan oleh skala industri dan rumahan. Berkembang sejak 1960-an oleh Dr. A.J Cooper di Glasshouse Crops Little Research Institute Litlehampton, Inggris.

Mengandalkan media air berpenopang dengan pengaturan sirkulasi oksigen, serta pemberian nutrisi yang optimal. Cara bercocok tanam hidroponik sistem NFT sebagai berikut,

  • Siapkan beberapa pipa atau talang, dan pompa.
  • Lubangi pipa sesuai dengan panjangnya dengan jarak antar lubang sama.
  • Susun pipa atau talang yang dipersiapkan untuk jadi tempat menanam tanaman.
  • Siapkan penampung pada ujung pipa yang lebih rendah.
  • Pasang pompa untuk mengalirkan air bernutrisi agar alirannya maksimal.
  • Konsep dasar sistem ini, tanaman tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam, serta menjaga sirkulasi agar tanaman tetap mendapat nutrisi, oksigen, dan air tercukupi.

Metode tanam hidroponik sistem Wick sangat cocok untuk pemula. Sistem tanam ini cocok untuk tanaman kecil seperti sawi, kangkung, bayam dan sayuran kecil lainnya yang tidak membutuhkan banyak air. Cara hidroponik sistem sumbu mengharuskan Anda untuk selalu mengganti larutan nutrisi di bawahnya, sama seperti tanaman lain, juga perlu disiram.

dibawah ini beberapa tips bercocok tanam dengan sistem hi

  • Pastikan tanaman Anda terkena sinar matahari yang cukup, supaya tidak mudah layu akibat kekurangan fotosintesis.
  • Hidroponik botol dalam rumah, bisa Anda letakkan dengan jendela tembus cahaya atau disiasati menggunakan lampu fotosintesis.
  • Bisa diberi tambahan nutrisi dengan semprotan pupuk organic cair pada daun dan batangnya, mengimbangi kebutuhan asupan nutrisi.
  • Apabila tanaman Anda sudah cukup besar dan kurang muat, sebaiknya langsung dipindah ke pot atau botol yang lebih besar. Berhati-hatilah jangan sampai merusak akar tanamannya.

Begitulah cara bercocok tanam hidroponik, mudah untuk pemula. Selain hemat dan bisa diletakkan dimana saja, Anda bisa memasak sayuran dari hasil panen di rumah sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli