Tips Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Terlihat Segar

Liputanberiatku.com — Keberadaan tanaman hias di dalam ruangan tak hanya membuat suasana lebih teduh dan indah, tapi juga mampu menciptakan kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih baik.

Agar fungsinya selalu optimal, beberapa perawatan simple berikut perlu diterapkan agar kawanan hijau ini selalu terlihat memesona. Berikut tips dan cara merawat tanaman hias agar selalu segar:

Memotong Bagian Yang Layu

Agar tetap indah dipandang mata, bagian tanaman yang layu, layu atau kering harus disingkirkan. Memetik atau memotong adalah cara termudah untuk memangkasnya.

Selain itu, pemangkasan juga berguna agar bagian tanaman yang masih dalam keadaan baik tidak tertular bagian yang sakit.

Menyiram Sesuai Kebutuhan

Beda jenis beda pula cara menyiram tanaman. Namun secara umum, tanaman yang sering ditempatkan di dalam ruangan jangan terlalu sering diberi air karena dapat menyebabkan kebusukan pada akarnya. Cukup berikan kelembapan hingga air keluar dari lubang drainase pot.

Menyeka Daun

Daun yang cantik dan bentuknya yang unik seringkali menjadi daya tarik utama tanaman hias. Keindahan daun juga sering menjadi andalan pesona sebuah tanaman.

Tak hanya selalu tampil cantik dan berkilau, menyeka daun juga bertujuan untuk menghilangkan debu yang menempel di permukaan. Tanaman yang sehat juga perlu terlihat bagus, bukan?

Memberi Vitamin

Sama seperti manusia, tumbuhan juga perlu mengonsumsi vitamin. Pemupukan dapat membantu tanaman yang biasanya disimpan di dalam ruangan untuk tumbuh.

Kandungan-kandungan penting, seperti fosfor, kalium, dan nitrogen berguna bagi pertumbuhan akar, batang, dan daun.

Media Tanam

Tanaman rambat atau tanaman dengan jenis tampilan yang menjuntai memiliki fleksibilitas dalam hal penempatannya. Tak perlu berkutat di dalam pot saja, ruang vertikal pun cocok untuk kedua jenis tanaman ini, seperti halnya dengan menggunakan wire net.

Bahkan dengan kreativitas lebih, pesona tanaman yang simple ini justru akan semakin menarik dengan cara digantung. Tak perlu berumpun-rumpun, meletakkannya secara minimalis seolah menguak kecantikannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli