Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Liputanberitaku.com — Bagi para breeder ikan cupang kawakan, manfaat daun ketapang untuk ikan cupang tentu sudah tidak asing lagi. Daun ketapang sebaiknya selalu dimasukkan dalam akuarium demi menjaga kesehatan ikan cupang kesayangan.

Namun bagi kalian yang masih pemula pastinya bingung dengan manfaat daun ketapang untuk adu ikan, bukan? Lebih jelasnya, berikut 7 manfaat daun ketapang untuk ikan cupang :

Menstabilkan pH air

Kadar pH air yang ideal untuk ikan cupang adalah 6,27. Sayangnya, air keran yang sering kita gunakan memiliki pH lebih dari itu. Alhasil membuat ikan cupang kurang nyaman, bahkan dapat mengganggu pertumbuhannya.

Sebagai solusinya, kita bisa menggunakan daun ketapang untuk ikan cupang. Air rendaman daun ketapang dapat membantu menstabilkan pH air, sehingga membuat si ikan lebih nyaman.

Sebagai anti jamur

Ikan cupang sangat rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh jamur. Pasalnya, jamur dapat membuat kulit ikan cupang berbintik-bintik putih, bahkan bisa menjadi luka jika tidak segera diobati.

Nah, dengan menambahkan daun ketapang pada soliter ikan cupang, dapat membuat bintik luka pada ikan cupang cepat sembuh. Efek ini dikarenakan kemampuan daun ketapang untuk menstabilkan pH air tersebut.

Mempercantik warna sisik ikan

Seiring dengan pertumbuhan, ikan cupang yang sehat akan terus mengalami perubahan warna. Transformasi warna akan semakin optimal jika pH air sesuai dengan kadarnya. Nah, dengan meletakkan daun ketapang pada soliter membuat keluar warna cantik pada kulit dan ekornya.

Membantu kembang biak cupang

Kalau Mama Papa berniat menjadi breeder ikan cupang tentu manfaat ini harus diketahui. Ikan cupang sulit berkembang biak dengan optimal tanpa bantuan daun ketapang.

Fungsi daun ketapang selain menurunkan pH air adalah memudahkan anakan ikan untuk tumbuh. Daun ketapang juga penting menjaga mood si ikan, sehingga tidak mudah stres selama perkawinan.

Mencegah stres pada cupang

Kandungan tanin pada daun ketapang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati cupang yang stres. Namun ada cara khusus saat cupang sudah terlanjur stres. Mama Papa perlu mencampurkan garam ikan agar cupang bisa sehat kembali.

Menyerap racun pada air

Mama Papa, terkadang ikan cupang yang kelihatannya baik-baik saja bisa tiba-tiba mati, Fenomena ini terjadi karena penggunaan air yang kurang sehat. Sayangnya, untuk mendeteksi apakah air mengandung logam berat dan racun bukan hal yang mudah.

Kita membutuhkan alat khusus untuk mendeteksi air tersebut. Eitss, tapi tenang, daun ketapang bisa dimanfaatkan untuk menjadi pengganti peralatan ini.

 

Itulah manfaat beberapa daun ketapang. Agar kondisi ikan cupang dapat terus sehat jangan lupa untuk memerhatikan faktor makanannya ya gais.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#atikel-asli