Luas Seluruh Permukaan Kubus Yang Panjang Rusuknya 9 cm Adalah

Luas Seluruh Permukaan Kubus  dengan panjang rusuk 9 cm–Kubus adalah bangun ruang sisi datar yang dibatasi oleh titik-titik. Bagian titik ini menghubungkan ruang di seluruh permukaan kubus. Kubus memiliki 6 sisi yang sejajar (kongruen).

Pengertian sisi adalah bangun ruang yang membatasi ruang satu dengan yang lain. Dalam matematika kubus dapat dicari volume dan luas permukaan. Volume kubus adalah ukuran dalam ruang yang dibatasi bagian sisi kubus. Sedangkan luas permukaan kubus adalah jumlah keseluruhan sisi atau luas jaring-jaring kubus. Luas Seluruh Permukaan Kubus

Contoh bangun ruang selain kubus yaitu balok, prisma, dan limas. Sedangkan bangun ruang berbentuk sisi lengkung adalah kerucut, tabung, dan bola. Perbedaan bentuk bangun ruang ini di bagian sisi.

 

Pembahasan

Kubus adalah nama khusus yang diberikan untuk bangun ruang prisma dimana bidang-bidang pembatasnya adalah persegi. Kubus adalah bangun ruang yang memiliki 6 sisi. Jika setiap sisinya berbentuk persegi, maka panjang setiap rusuknya adalah sama besar.

Rumus luas permukaan kubus adalah

Menghitung luas permukaan kubus dapat menggunakan luas permukaan prisma. Luas permukaan prisma dapat diketahui dengan menggunakan rumus L= (2 x luas alas) + (keliling bidang alas x tinggi). Dengan L adalah luas permukaan prisma.

Oleh karena itu, kubus merupakan prisma maka luas permukaan kubus dapat dicari dengan menggunakan rumus:

L = (2 x luas alas) + (keliling bidang alas x tinggi)

= (2 x s x s) + (4 s x s)

= 2s2 + 4s2

= 6 s2

Jadi, luas permukaan kubus dengan panjang rusuk s adalah 6s2.

 dengan  adalah panjang rusuk kubus.

Diketahui:

  • Bangun ruang kubus
  • Panjang rusuk () = 9 cm

Ditanya:

Tentukan luas permukaan kubus.

Jawab:

Jadi, luas permukaan kubus dengan panjang rusuk 9 cm adalah 486 cm².