Tentukan Hasil Dari Perpangkatan Berikut

Tentukan Hasil Dari Perpangkatan BerikutSalah satu bilangan matematika yang perlu dipelajari adalah bilangan berpangkat atau eksponen serta bentuk akar bilangan.

Bersumber dari Byjus, bilangan berpangkat merupakan bentuk perkalian berulang dari suatu bilangan yang sama. Dalam bentuk pangkat terdiri dari bilangan pokok/basis dan eksponen/pangkat.

Eksponen ditulis pada bagian atas bilangan basis. Bilangan berpangkat terbagi menjadi empat kelompok yaitu: Bilangan berpangkat positif, bilangan berpangkat negatif, bilangan berpangkat nol, dan bentuk akar.

Sederhananya, bilangan berpangkat adalah susunan bilangan yang dikalikan dengan pangkat tertentu. Misalnya bilangan a dikalikan secara berulang sebanyak n kali, maka dapat bilangan ini dapat dituliskan dalam bentuk pangkat.

Apa Saja Sifat Bilangan Berpangkat?
Sifat bilangan berpangkat bisa dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu bilangan berpangkat positif, negatif, dan nol. Masing-masing memiliki formula yang berbeda.
Bagaimana Bentuk Umum Bilangan Berpangkat?
Bentuk umum bilangan berpangkat dibagi menjadi empat jenis yaitu bilangan berpangkat positif, negatif, nol, dan pecahan.

Tentukan hasil dari perpangkatan berikut.

a. 2⁸ = 256

b. 5⁴ = 625

c. (0,02)² = 0,0004

d. (1/3)³ = 1/27

e. –(1/4)⁴ = – (1/256)

Perpangkatan adalah operasi hitung perkalian suatu bilangan secara berulang.

Jadi aⁿ = a × a × a × … × a ⇒ a nya sebanyak n faktor.

 

Pembahasan

a. 2⁸

= 2 × 2 × 2 × 2 × 2 × 2 × 2 × 2

= 256

 

b. 5⁴

= 5 × 5 × 5 × 5

= 625

 

c. (0,02)²

= 0,02 × 0,02

= 0,0004

 

d. 

 

e. 

 

Untuk bagian e, jika penulisan soalnya adalah  maka jawabannya adalah