Syarat Bahan Limbah Agar Menjadi Produk Yang Bermanfaat Adalah

Syarat Bahan Limbah Agar Menjadi Produk Yang Bermanfaat Adalah–Salah satu cara dalam mengatasi limbah adalah dengan memanfaatkannya sebagai barang yang berguna. Syarat bahan limbah agar menjadi produk yang bermanfaat adalah memiliki nilai estetika. Ketahui syarat lainnya dalam tulisan berikut ini.

Pengertian limbah dapat ditemukan dalam Buku Siswa Biologi SMA/MA Kelas 10 yang disusun oleh Nanik Yuniastuti, Edy Krismanto (2021:331). Diambil dari buku tersebut, limbah adalah bahan buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun rumahtangga, yang kehadirannya tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis, dan berpotensi mengganggu keseimbangan lingkungan.

Syarat Bahan Limbah adalah sebagai berikut!

  1. Keamanan (Safety).
  2. Kegunaan (Utility).
  3. Kenyamanan (Comfortable).
  4. Keluwesan (Flexibility).
  5. Keindahan (Aesthetic).
Limbah sebagai bahan pembuatan produk tentunya harus memiliki daya tarik agar sesuai dengan tujuan pemanfaatan limbah. Nilai estetika suatu produk dapat dilihat dari bentuk, warna, hiasan, ornamen, dan bahan baku yang digunakan.
Syarat bahan limbah agar menjadi produk yang bermanfaat adalah keamanan, kegunaan, kenyamanan, keluwesan, dan keindahan. Terpenuhinya 5 syarat tersebut akan dapat menghasilkan produk yang berkualitas meskipun dari bahan limbah.

Jawaban:

Agar bahan limbah menjadi produk yang bermanfaat, mereka harus memiliki estetis.

Penjelasan:

Bahan limbah dapat diolah kembali menjadi kerajinan tangan, sehingga memiliki manfaat ekonomi dan nilai estetika. Contoh sampah yang dapat digunakan kembali adalah kardus, kertas semen, kertas, daun kering, plastik, pecahan keramik, lembaran logam, CD rusak.