Sperma Manusia Memiliki Bagian Kepala Meruncing

Sperma Manusia Memiliki Bagian Kepala Meruncing–Sel sperma, juga dikenal sebagai sel sperma, adalah sel dalam sistem reproduksi pria yang dikeluarkan bersama air mani saat pria ejakulasi. Sperma yang sempurna dan berkualitas merupakan salah satu kunci sukses dalam proses pembuahan yang memungkinkan terjadinya kehamilan.

Fungsi sperma adalah untuk membuahi sel telur dalam proses pembuahan. Dari pembuahan ini terciptalah embrio yang berkembang menjadi janin. Sel sperma juga membawa materi genetik laki-laki, yang menentukan jenis kelamin bayi melalui kromosom X atau Y.

1. Agar mampu menembus dan bergerak dengan mudah untuk mengurangi dengan gaya gesekan terhadap medium yang dilewatinya.

2. Fungsinya adalah sebagai penggerak untuk mendorong sperma maju mencari ovum

3. Maksud dari

  1. Spermatogenesis adalah proses pembentukan sperma melalui serangkaian pembelahan meiosis dan mitosis
  2. Spermatogonium merupakan sel induk sperma
  3. Spermatozoa merupakan sel sperma akhir hasil diferensiasi dari spermatid

Pembahasan

Selain sel telur, sperma merupakan salah satu sel kelamin makhluk hidup. Spermatozoa adalah umum untuk semua organisme multisel. Sperma memiliki 3 anggota tubuh: kepala, leher dan ekor.

1. Kepala

Kepala sperma adalah ujung anterior, yang terdiri dari nukleus dan serat kromatin. Serat kromatin ini dikelilingi oleh kantung tipis yang disebut akrosom. Akrosom mengandung enzim hyaluronidase dan enzim akrosin yang berperan dalam penetrasi sel telur. Selain itu, enzim proteinase juga berperan dalam penetrasi dinding sel telur. Ini juga mengandung enzim fertilizin, yang merasakan keberadaan sel telur dan menarik sperma ke sel telur.

2. Leher

Leher sperma mengandung enzim ATPase, karena terdapat mitokondria yang berperan dalam sintesis energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan flagela. Mitokondria ditemukan di leher untuk mendistribusikan energi dengan cara ganda. Ini juga mengandung banyak sentriol, seperti sentriol proksimal. Di tengah, memanjang ke ekor, adalah inti berserat yang dikelilingi oleh mitokondria

3. Ekor

Ekor sperma mengandung sejenis sistem mikrotubulus. Mikrotubulus yang membentuk ekor flagela berperan dalam merangsang pergerakan sperma. Ini berisi kelompok protein mikrotubular yang disebut MAP.