Tips Naik Gunung Saat Musim Hujan Supaya Tetap Aman dan Nyaman

Liputanberitaku.com — Bagi yang suka mendaki gunung, musim hujan sendiri kerap menjadi tantangan tersendiri. Di musim hujan, aktivitas pendakian menjadi semakin sulit karena medan semakin licin dan cuaca yang tidak bersahabat.

Apalagi bagi pemula, mendaki gunung saat musim hujan malah lebih berbahaya jika tidak dilakukan dengan benar. Nah, buat kamu yang ingin mendaki saat musim hujan, coba deh terapkan beberapa tips berikut biar mendaki tetap aman dan nyaman!

Gunakan layering yang tepat

Layering yang tepat akan membuat tubuh tetap hangat selama pendakian,  terutama saat musim hujan. Umumnya layering terdiri dari tiga bagian, yakni base layer (lapisan dasar), insulating layer (lapisan tengah), dan shell layer (lapisan paling luar).

Base layer merupakan bagian yang langsung bersentuhan dengan kulit. Bagian ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil, meski menghadapi perubahan temperatur yang ekstrem.

Bahan yang direkomendasikan adalah polyester atau bahan sintetis. Bahan-bahan tersebut dapat menyerap keringat dengan baik dan membantu keringat berpindah ke lapisan selanjutnya.

Berikutnya adalah lapisan isolasi yang berperan dalam mengatur kelembaban. Pilih bahan dengan fleksibilitas tinggi, seperti Polarguard, wool atau bulu angsa. Terakhir, kulit terluar dapat melindungi tubuh manusia dari cuaca buruk, seperti hujan atau angin kencang.

Pilih jalur pendakian yang pendek

Sangat merepotkan dan tidak nyaman untuk berkemah di pegunungan saat hujan deras. Jika memungkinkan, mendaki atau langsung turun dengan cara “tek-tok” tanpa harus bermalam.

Anda bisa memilih gunung dengan jalur pendakian yang relatif pendek, seperti Gunung Andong, Gunung Merapi, dan Gunung Prawu di Jawa Tengah, atau Gunung Batur di Bali.

Simpan barang bawaan dalam dry bag

Dry bag merupakan tas anti air yang berfungsi melindungi barang-barangmu dari kondisi basah saat dalam pendakian. Masukkan semua barang-barangmu ke dalam dry bag sebelum dimasukkan ke dalam carrier.

Pilih pakaian dengan kemampuan quick dry

Baju atau celana dengan bahan quick dry bisa menjadi pilihan yang tepat digunakan untuk mendaki saat musim hujan. Selain ringan dan mudah dibawa, pakaian dengan kemampuan ini juga bisa kering dengan cepat, sehingga dapat mengurangi risiko terserang hipotermia.

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli