Metode Tanam di Lahan Sempit, Mudah Nggak Ribet!

Liputanberitaku.com — Menyenangkan, bukan, jika kita bisa mengonsumsi tanaman dari hasil budidaya sendiri? Sayangnya sebagian dari kita tinggal di perkotaan dengan lahan terbatas. Jangan risau, berikut 3 metode tanam lahan sempit yang bisa kamu coba di rumah.

Adanya lahan hijau di rumah tentunya tidak hanya membawa kesejukan namun juga dapat menghindarkan kita dari stres. Sayangnya, keterbatasan lahan seringkali menjadi penghalang bagi masyarakat khususnya di perkotaaan untuk melakukan budidaya tanaman di rumah. Tenang, sekarang ada beberapa metode tanam di lahan sempit yang bisa kita coba di rumah:

Tabulampot

Tabramport Cara menanam tanaman (pohon buah dalam pot) dengan daun tembakau ini tentunya sudah sangat familiar. Alasannya, sekarang lebih mudah menanam buah dalam pot, dan bijinya juga berbeda. Untuk menumbuhkan smoked pot, kita membutuhkan media tanam 1: 1: 1 berupa campuran tanah, kompos dan sekam.

https://tanahkaya.com/

Wadah tanam dalam bisa menggunakan tanah liat, logam (ember), plastik, semen atau kayu. Namun, akan lebih baik jika menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat dan kayu. Karena kedua komponen ini memiliki pori-pori yang baik, kelembapan dan suhu media tanam lebih stabil.

Pemupukan tanaman dalam pot bisa dilakukan selama 3-4 bulan setelah satu bulan setelah tanam. Meskipun penyiraman bersyarat, itu tergantung pada jenis tanamannya. Untuk mengetahui jenis buah-buahan yang mudah tumbuh dengan metode Tabulampot, Anda dapat membaca di sini.

Hidroponik

Sesuai dengan namanya, hidroponik merupakan metode bercocok tanam tanpa tnah melainkan menggunakan air sebagai media tanam. Untuk menggantikan nutrisi dari tanah, air yang digunakan untuk budidaya tanaman diberi unsur hara yang berisi unsur-unsur penting kebutuhan tanaman.

detik.net.id

Jika kamu tertarik untuk membudidayakan tanaman dengan cara hidroponik wadah penenamannya tidaklah sulit, kok, cukup dengan menyiapkan botol bekas yang sudah dilubangi bagian lehernya.

Tanaman yang diproduksi dan dikembangkan dengan metode ini biasanya memiliki kualitas lebih baik jika dibandingkan dengan tanaman yang dikembangkan di tanah. Untuk penanaman hidroponik di rumah, kamu bisa memulai dari jenis tanaman holtikultura yang meliputi tanaman sayur, buah dan obat-obatan.

Vertikultur

Metode tanam lahan sempit berikut ini sangat cocok untuk membudidayakan jenis sayuran, seperti sayi, kangkung, seledri, pakcoi hingga tomat. Vertikultur memiliki banyak model mulai dari veltikultur gantung, tempel, tegah hingga rak. Wadah tanam yang digunakan bisa menggunakan paralon PVC tau botol air mineral 1,5 bekas.

https://yesiaftania.files.wordpress.com/

Untuk lahan yang sangat sempit kamu bisa meletakan tanaman vertikulturmu di tembok teras rumah. Asalkan ada sinar matahari yang cukup tanaman veltikultur akan tumbuh dengan maksimal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

#artikel-asli