Latarbelakang Bangsa Barat Menjajah Indonesia

Latarbelakang Bangsa Barat Menjajah Indonesia–Faktor yang melatarbelakangi bangsa barat melakukan penjajahan di indonesia adalah pencarian rempah-rempah dan penguasaan wilayah perdagangan khususnya di bidang rempah-rempah. Selain itu, jatuhnya Konstantinopel dan diluncurkannya misi 3G (gold, glory and gospel) juga menjadi faktor penting dalam kedatangan bangsa Eropa di Asia.

Latarbelakang Bangsa Barat Menjajah Indonesia

Pembahasan

Orang Eropa pertama yang tiba di Indonesia adalah orang Portugis. Sejarah perdagangan Portugis dan penyeberangan samudra dan benua sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Hubungan perdagangan antara Portugal dan berbagai belahan dunia memberinya kesempatan untuk memperoleh berbagai kebutuhan yang cukup untuk negaranya. Portugis mencari negara yang menyediakan kebutuhan dengan harga yang relatif rendah dan menjualnya dengan harga yang sangat tinggi di tanah air mereka. Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa orang Portugis membeli berbagai kebutuhan di negara lain.

  • Negara Portugis tidak mempunyai hasil pertanian yang memadai.
  • Portugis bergantung pada laut sehingga perikanan merupakan bahan dari perdagangan utama.
  • Adanya pengembangan teknologi maritim pada abad ke-15 seperti dikenalnya kompas dan cara membaca peta portolan.

Dengan pembelian yang dilakukan untuk Portugis, mereka melakukan perjalanan laut untuk mendapatkan dan memenuhi kebutuhan yang tidak terpenuhi di negara mereka sendiri.

Selain itu, orang Eropa datang ke Asia, khususnya Indonesia, dengan berbagai faktor. Kedatangan bangsa Eropa didorong oleh beberapa faktor, di antaranya sebagai berikut.

  • Konstantinopel jatuh ke tangan Turki Ottoman. Hal ini penting karena kawasan ini berperan sebagai penghubung antara benua Asia dan benua Eropa.
  • Mereka ingin membeli rempah-rempah yang lebih murah agar bisa memberikan keuntungan lebih bagi para pedagang rempah-rempah ketika menjualnya di negara mereka.
  • Keinginan menguasai perdagangan rempah-rempah setelah melihat kekayaan alam Indonesia yang melimpah.
  • Ada keinginan untuk menyebarkan misi 3G. Misi yang disebutkan di sini adalah Gold, Glory, dan Gospel. Dalam hal ini Emas harus dipahami sebagai keinginan untuk memperkaya diri sendiri atau negara dari wilayah yang didudukinya. Glory adalah upaya untuk mendapatkan kemuliaan di banyak area yang dikuasai. Gospel adalah misi untuk menyebarkan agama, dalam hal ini agama yang disebarkan adalah Kristen Katolik.