Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT

Mengapa Manusia Memerlukan Kitab Allah SWT

Manusia Memerlukan Kitab Allah — Kitab Allah Swt adalah kitab-kitab yang diturunkan kepada rasul-Nya yang berisikan firman-firman Allah Swt. Ada 4 kitab Allah Swt. yang wajib dketahui dan diimani, yaitu Kitab Taurat, Kitab Zabur, Kitab Injil, dan Kitab Al-Qur’an. Iman kepada Allah merupakan rukun iman ketiga.

Sebagai umat Islam, terdapat 6 perkara yang wajib diimani yang disebut rukun iman, salah satunya adalah iman kepada kitab-kitab Allah SWT. Kitab Allah diturunkan kepada rasul-Nya dan manusia wajib untuk mempelajari isinya. Namun yang menjadi pertanyaan, mengapa manusia memerlukan kitab Allah SWT?

Bagi umat Islam, Al-Quran adalah sumber hukum utama dan informasi mengenai petunjuk bagi manusia. Di dalamnya juga mengisahkan turunnya kitab-kitab sebelum Al-Quran.
Turunnya kitab Allah SWT menjadi petunjuk bagi manusia. Sebab tanpa petunjuk yang benar, manusia akan bertindak sesuka hati dan tidak tahu mana perbuatan terpuji dan mana perbuatan tercela.
Allah SWT berfirman,
وَقَفَّيْنَا عَلَىٰ آثَارِهِمْ بِعِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ ۖ وَآتَيْنَاهُ الْإِنْجِيلَ فِيهِ هُدًى وَنُورٌ وَمُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرَاةِ وَهُدًى وَمَوْعِظَةً لِلْمُتَّقِينَ
Artinya, “Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi nabi Bani Israil) dengan Isa putera Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang didalamnya (ada) petunjuk dan dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Maidah: 46)

Pembahasan

  • kitab Allah Swt sebagai pedoman hidup agar dapat meraih kebahagiaan di dunia dan akhirat.
  • kitab Allah Swt dapat memberi jalan keluar terhadap setap masalah dan kesulitan yang dihadapi oleh manusia.
  • manusia dapat membedakan mana yang benar (haq) dan mana yang salah (batl).
  • manusia juga dapat membedakan mana yang bermanfaat dan mana yang mengandung mudharat (keburukan).

Kitab-kitab Allah beserta nabinya yang wajib diketahui dan diimani adalah

  • Kitab Taurat diwahyukan kepada Nabi Musa a.s.
  • Kitab Zabur diturunkan Allah Swt kepada Eabi Daud a.s.
  • Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa a.s.
  • Kitab Al-Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.