Jelaskan Pengertian Tata Surya

Jelaskan Pengertian Tata Surya

Pengertian Tata Surya adalah suatu sistem di mana benda-benda langit berputar mengelilingi satu benda langit lainnya sebagai pusatnya. Langit sebagai pusat tata surya kita adalah matahari. Yang mengelilinginya dengan periode dan lintasan tertentu disebut planet. Simak penjelasan berikut.

Terbagi menjadi matahari, empat planet dalam, sabuk asteroid, empat planet luar, dan yang terluar adalah sabuk Kuiper dan piringan tersebar. Awan Oort dianggap sebagai wilayah terjauh, sekitar seribu kali lipat dari lapisan terluar.

Berdasarkan jaraknya dari Matahari, delapan planet Tata Surya adalah Merkurius (57,9 juta km), Venus (108 juta km), Bumi (150 juta km), Mars (228 juta km), Jupiter (779 juta km) , Saturnus (1430 juta km), Uranus (2880 juta km) dan Neptunus (4500 juta km). Empat planet terdalam, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars, adalah planet terestrial yang tersusun dari batuan dan logam.

Pembahasan

Sistem di mana benda langit berputar mengelilingi benda langit lain sebagai pusatnya. Angkasa yang menjadi pusat tata surya kita adalah Matahari.Matahari adalah salah satu dari miliaran bintang di Bima Sakti. Bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahayanya sendiri.

Benda langit yang mengelilinginya dengan periode dan orbit tertentu disebut planet. Planet-planet tata surya kita adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Neptunus, dan Uranus. Planet-planet tersebut disusun satu demi satu, dari yang terdekat hingga yang terjauh. Planet-planet ini dapat mengorbit Matahari karena tarikan gravitasi Matahari.

Ada benda langit lain di Tata Surya, seperti satelit, asteroid, meteoroid, dan komet.

Satelit adalah benda langit yang mengorbit planet. Merkurius dan Venus tidak memiliki satelit. Sementara planet lain setidaknya memiliki satu satelit. Satelit Bumi adalah Bulan.

Asteroid adalah batuan luar angkasa yang bergerak mengelilingi Matahari di jalur antara Mars dan Jupiter. Orbit ini disebut sabuk asteroid. Ada jutaan batuan dari asteroid dan ukurannya jauh lebih kecil dari planet.

Meteoroid adalah batuan ruang angkasa yang lebih kecil dari asteroid dan bergerak bebas tanpa orbit yang ditentukan. Batuan luar angkasa yang memasuki atmosfer bumi disebut meteor. Meteor yang mencapai permukaan bumi disebut meteorit.

Komet adalah kumpulan gas dan air yang mengembun menjadi es. Komet berbentuk elips mengelilingi Matahari Saat komet mendekati Matahari, es menguap, sehingga bagi kita tampak seperti ekor yang panjangnya ratusan kilometer.