Simak ini Karakteristik Benua Eropa

Simak ini Karakteristik Benua Eropa–Benua Eropa memiliki julukan Benua Biru. Ada yang mengatakan, sebutan ini disandang Eropa karena sebagian besar penduduknya merupakan ras kulit putih dengan mata yang umumnya berwarna biru.

Ada juga yang mengatakan bahwa julukan ini ada kaitannya dengan kerajaan-kerajaan Eropa di jaman dahulu yang mahsyur. Dan sebutan untuk bangsawan adalah darah biru.
Terlepas dari sebutan yang melekat, benua ini memiliki karakteristik unik yang membedakannya dengan benua-benua lain di dunia. Di antaranya yaitu Eropa merupakan benua terkecil kedua setelah Australia dengan luas 10.600.000 km² dan mayoritas masyarakat Eropa termasuk ke dalam ras Kaukasoid (berkulit putih & berambut pirang).
Ingin tahu informasi tentang Benua Eropa selengkapnya? Simak ulasan karakteristik Benua Eropa berikut ini.

Ciri-Ciri Benua Eropa Berdasarkan laporan sumber belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah ciri-ciri benua Eropa.

  • Secara astronomis, Benua Eropa adalah S. Letaknya antara 35°-71°06′ dan 9°27′-66°20′ Bujur Timur.
  • Secara geografis, benua Eropa terletak di sebelah barat benua Asia.
  • Benua Eropa adalah sebuah semenanjung di bagian barat benua Asia yang dibatasi oleh rangkaian Pegunungan Ural.
  • Luas benua Eropa adalah 10.600.000 km2.
  • Benua Eropa dipengaruhi oleh berbagai iklim.
  • Keadaan alami benua Eropa dapat dibagi menjadi tiga lanskap, yaitu dataran rendah, dataran tinggi semenanjung, dan jalur pegunungan yang landai.
  • Topografi atau topografi benua Eropa sangat bervariasi.
  • Di benua Eropa, hutan jenis konifera (tumbuhan jenis konifera) dan hutan yang kehilangan daunnya pada musim gugur merupakan jenis tumbuhan.
  • Dunia binatang yang berkembang di benua Eropa pada dasarnya sama dengan dunia binatang yang berkembang di daerah beriklim sedang dan dingin.

Simak ini Karakteristik Benua Eropa

Pembahasan

Benua Eropa adalah salah satu benua di dunia. Berbatasan dengan Samudra Arktik di bagian utara benua Eropa. Di bagian timur benua Eropa berbatasan dengan Pegunungan Ural, Laut Kaspia, dan benua Asia. Benua Eropa berbatasan di sebelah selatan dengan Laut Mediterania dan di sebelah barat benua Eropa dengan Samudera Atlantik. Benua Eropa disebut benua biru karena sebagian besar penduduknya memiliki bola mata berwarna putih dan biru. Asosiasi negara-negara Eropa disebut Eni Eropa atau Uni Eropa.