Ciri-Ciri Umum Karya Seni Rupa Daerah

Ciri-Ciri Umum Karya Seni Rupa Daerah–Menurut Nidaul Janah dalam buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 5 Semester 2, seni rupa daerah adalah seni rupa yang terdapat di berbagai daerah Indonesia. Seni rupa daerah bisa juga disebut seni rupa tradisional karena pengerjaannya dilakukan di daerah secara turun temuruni.

Fungsi karya seni daerah
Ada sejumlah seni fungsional yang ditugaskan pada karya seni daerah. Fungsi-fungsi tersebut pada akhirnya membagi kesenian daerah menjadi dua kelompok, yaitu:

rupa
Seni murni adalah karya seni yang dihargai dan dihargai karena keindahannya semata sehingga bertujuan atau bekerja untuk memenuhi kebutuhan batin. Seni rupa terutama terdapat pada cabang seni grafis, seni lukis dan seni pahat.

2. Terapan
Kesenian adalah seni yang memiliki nilai kegunaan sekaligus nilai seni. Karya seni diterapkan untuk memenuhi kebutuhan praktis atau sehari-hari secara material.

Wujud Seni Rupa Daerah
Berikut ini wujud seni rupa daerah yang ada:

a. Seni Rupa Dua Dimensi
Yang pertama adalah seni rupa dua dimensi. Seni rupa dua dimensi adalah karya seni yang memiliki dua ukuran dan tidak memiliki ruang atau unsur ketebalan, yaitu panjang dan lebar saja. Contoh dari seni rupa dua dimensi ada karya seni tekstil dan lukis.

b.  Tiga Dimensi
Selanjutnya adalah seni rupa tiga dimensi. Seni rupa tiga dimensi merupakan karya seni rupa yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi, atau karya yang memiliki volume dan menempati ruang. Contoh dari seni rupa tiga dimensi ada seni anyaman, seni keramik, dan seni patung.

Ciri-ciri umum Karya Seni Rupa Seni Daerah:

  • Menonjolkan Sifat  kedaerahan
  • Karya Seni yang diciptakan terpengaruh oleh budaya atau sejarah dari daerah tertentu
  • Memiliki Corak atau motif yang khas dari daerah tertentu, Khas yang dimaksud disini bisa saja motif atau corak yang ditampilkan sesuai dengan kondisi geografis daerah tertentu.
  • Corak atau Motif yang ditampilkan biasanya bersifat tradisional.

Ciri-Ciri Umum Karya Seni Rupa Daerah

Pembahasan

Seni daerah merupakan cabang dari cabang seni rupa. Seni rupa adalah seni yang dilihat, disentuh, dirasa, atau dinikmati selama mungkin oleh para pembuat seni dan yang menyaksikannya.

Haukin mengatakan Seni Rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan kedalam sebuah benda.

Kumala Devi Chattopadhayaya mengatakan Seni Rupa adalah sebuah luapan ekspresi yang disampaikan dari seorang seniman kepada para penikmatnya dalam bentuk sebuah benda.