Edward Ingin Membuat Katrol Timba Air

Edward Ingin Membuat Katrol Timba Air

1. Edward ingin membuat katrol timba air. Ketinggian katrol di atas permukaan tanah 2 m dan permukaan air 3m di bawah permukaan tanah. Panjang tali dari permukaan air ke katrol adalah 5 m

Katrol, yang dikenal luas sebagai salah satu “mesin sederhana”, termasuk mesin pertama yang pernah digunakan manusia. Terdiri dari roda yang menempel pada as, dan di seputar roda dipasang tali yang berfungsi mengangkat dan memindahkan benda-benda berat. Katrol memungkinkan Anda mengubah cara kerja, misalnya menarik tali untuk mengangkat kotak. Ada beberapa jenis katrol: tetap, bergerak, atau ganda.

Membuat Katrol Tetap

  • Pilih lokasi pemasangan yang cukup kuat untuk menopang berat plafon. Harus dibaut ke balok atap atau kasau, bukan ke drywall. Dirancang untuk memudahkan pemindahan benda berat, tetapi semua beban harus ditopang oleh sekrup yang dipasang di langit-langit. Jika Anda tidak tahu cara menemukan tempat yang tepat untuk memasang katrol, Anda harus menyewa seorang profesional untuk memasang katrol.
  • Beli sistem katrol tetap sederhana. Tentunya Anda juga bisa membuat roda cakram sendiri dengan membeli as roda dan rangka dudukan yang sesuai dengan ukuran roda dan as roda tersebut. Namun, roda dan rangka rakitan siap pakai harganya kurang dari Rp. 150.000. Semua komponen sistem katrol siap pakai telah diukur dan diuji fungsinya dengan baik.

Pembahasan :

Diketahui:

  • Jarak tali ketanah(ketinggian katrol)  = 2 m
  • permukaan air ketanah = 3 m

Ditanyakan:

  • Panjang tali dari permukaan air ke katrol = …

Penyelesaian:

Panjang tali = Jarak tali ke tanah + Jarak permukaan air ke tanah

panjang tali = 2 m + 3 m = 5 m

Kesimpulan:

Panjang tali dari permukaan air ke katrol adalah 5 m