Jenis Harta Yang Nisabnya Setara Dengan Emas 93.6 Gram Adalah

Jenis Harta Yang Nisabnya Setara Dengan Emas 93.6 Gram Adalah-  Jenis harta yang memiliki nisab zakatnya sebesar 93,6 gram adalah zakat emas. Adapun banyak ulama yang berpendapat bahwa kadar 20 dirham dari zakat emas itu setara dengan 85 gram emas. Di Indonesia sendiri sesuai dengan yang terdapat di Baznas, nisab zakat emas adalah 85 gram emas bukan 93,6 gram emas.

Salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh setiap muslim. Dalam ajaran Islam terdapat berbagai jenis zakat yaitu zakat fitrah, zakat mal, zakat emas dan lain sebagainya.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang zakat, berkonsultasilah dengan ustadz, ustaz, atau lembaga amil zakat yang bereputasi baik. Sebab, banyak ketentuan mengenai tata cara pembayaran dan nisab zakat yang harus dipelajari oleh ahlinya.

Uraian kali ini merupakan pengantar yang menjelaskan secara singkat tentang zakat emas. Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang zakat yang dapat disimak.

Pembahasan

Zakat emas adalah salah satu zakat yang wajib dibayarkan umat Islam ketika mencapai nisab dan zakat. Nisab adalah batas minimal harta yang dimiliki dan dicapai transfernya, sedangkan zakat transfer adalah batas minimal kepemilikan harta selama satu tahun. Hukum mengeluarkan beni nisab dan haul zakat adalah wajib. Jadi jika seseorang membelanjakan barang yang telah mencapai nisab dan membawa zakat, maka orang tersebut akan mendapat pahala. Sebaliknya, jika seseorang tidak mau membelanjakan harta yang telah mencapai nisab dan zakat merci, maka orang tersebut akan dihukum. Jenis Harta Yang Nisabnya Setara Dengan Emas 93.6 Gram Adalah

Tingkat zakat pada emas itu sendiri adalah 2,5% dari total jumlah emas yang telah mencapai nisab dan zakat. Misalnya, jika seseorang memiliki emas yang cukup sehingga ia memenuhi penyerahan nisab dan zakatnya sampai dengan 200 gram maka zakatnya adalah 5 gram karena 2,5% dari 200 gram adalah 5 gram.

Berikut contoh perhitungan zakat untuk zakat emas:

Diketahui:

Jumlah harta seseorang yang sudah mencapai nisab dan haul zakat = 100 gram emas.
Kadar zakat emas = 2,5%.

Ditanya:

Berapakah jumlah emas yang harus dikeluarkan untuk zakat.?

Jawab

Jumlah emas untuk zakat = jumlah emas wajib zakat × kadar zakat emas

= 100 gr × 2,5%

= 100 gr emas ×

= 100 gram emas × 0,025

= 2,5 gram emas