Pengamatan Pada Objek Yang Diteliti

Pengumpulan Data Dengan Pengamatan Langsung Pada Objek Yang Diteliti Disebut

Teknik pengumpulan data observasional adalah teknik yang dilakukan dengan observasi langsung. Dengan menggunakan panca indera, peneliti melakukan pengamatan di tempat terhadap obyek penelitian yang akan diamati. Peneliti memposisikan dirinya sebagai pengamat atau orang luar.

Dalam mengumpulkan data melalui observasi, peneliti dapat menggunakan catatan atau rekaman. Observasi dapat bersifat partisipatif, yaitu ketika peneliti ikut terlibat dan melakukan suatu kegiatan dengan objek pengamatannya.

Pengumpulan data dengan pengamatan langsung pada objek yang diteliti disebut observasi.

Data dapat dikumpulkan melalui beberapa cara yaitu

  • Angket atau kuisioner
  • Wawancara
  • Observasi
  • Dokumen

Observasi Partisipasi

Merupakan pengamatan yang dilakukan di mana peneliti ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilakukan kelompok yang diteliti. Partisipasi di sini artinya, peneliti ikut melakukan aktifitas atau kegiatan yang sedang dilakukan kelompok yang diteliti. Jadi meski sedang mengamati, peneliti tidak hanya menonton tapi juga ikut membaur.

Observasi Non Partisipan
Merupakan peneliti atau observer tidak ikut berpartisipasi pada aktifitas yang dikerjakan kelompok yang diteliti, dengan kata lain peneliti hanya menempatkan dirinya sebagai penonton. Berbeda dengan metode partisipasi, pada metode ini pengamatan dilakukan secara diam-diam agar partisipan tidak menyadari bahwa mereka sedang diamati. Sehingga akurasi data bisa terjamin.

Pembahasan

Pengumpulan data dengan pengamatan langsung pada objek yang diteliti disebut observasi.

Sedangkan untuk pengertian pengumpulan data lainnya yaitu

  • Angket atau kuisioner adalah pengumpulan data dengan cara menuliskan beberapa daftar pertanyaan secara tertulis yang dapat diisi dengan cara diceklis atau isian singkat
  • Wawancara adalah pengumpulan data dengan cara menanyakan beberapa pertanyaan secara langsung terhadap responden atau objek penelitian

Data yang didapat dapat berupa

  • data primer atau data sekunder: berdasarkan sumbernya
  • data kuantitatif atau data kualitatif: berdasarkan sifatnya
  • data cross section atau data berkala: berdasarkan waktu pengumpulannya