Gerakan Teknik Dasar Push Up

Gerakan Teknik Dasar Push UpPush up adalah salah satu olahraga untuk melatih kekuatan tubuh. Gerakannya cukup sederhana namun sangat efektif untuk membentuk tubuh. Walaupun terlihat mudah, tidak semua orang bisa melakukan gerakan push up yang benar.

Gerakan yang benar saat melakukan teknik dasar push up adalah meluruskan dan menekuk sikut hingga 90 derajat dengan posisi badan lurus. Selain itu, masih ada teknik lain yang harus diperhatikan. Ingin tahu lebih banyak? Yuk, baca artikel ini sampai habis!

Manfaat gerakan Push Up untuk tubuh
Gerakan push up memiliki banyak manfaat, tidak hanya untuk tubuh bagian atas, tetapi juga untuk tubuh bagian bawah. Manfaat ini meliputi:

1. Latihan otot secara bersamaan
Banyak orang mengira push up hanya untuk melatih dada dan trisep. Bahkan jika dilakukan dengan benar, push up dapat melatih otot bahu, otot punggung, otot pinggul, dan otot kaki.

Push-up sangat cocok untuk siapa saja yang ingin membentuk otot lengan dan memperkuat bahu. Saat melakukan gerakan push-up, beban tubuh bagian atas bertumpu pada lengan, sehingga terbentuk kharisma dan bahu yang lurus.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Gerakan sederhana ini dapat meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Push-up meningkatkan detak jantung Anda, sehingga darah yang dipompa ke jaringan otot Anda menjadi lebih cair.

3. Perbaiki postur tubuh Anda
Apakah Anda memiliki postur membungkuk? Kalau begitu, mulai sekarang rajinlah push up. Selama push-up, tangan Anda harus menopang berat badan Anda dan bergerak ke atas dan ke bawah, sedangkan punggung Anda harus tetap lurus. Jika Anda rutin melakukan push-up, akan sangat mudah untuk mencapai postur tubuh yang tegak.

Berikut ini adalah jawaban dari 3 soal pilihan ganda materi tentang analisis gerakan dalam kebugaran jasmani:

A. Menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan.
A. Ujung telapak kaki.
C. Ke belakang.

Penjelasan

Berikut ini adalah penjelasan jawaban dari 3 soal pilihan ganda materi tentang analisis gerakan dalam kebugaran jasmani:

Pada soal nomor 1 jawaban yang tepat ada pada opsi A yaitu menekuk dan meluruskan kedua sikut lengan karena gerakan push up merupakan gerakan seperti mendorong ke depan dan gerakan mendorong dilakukan dengan kedua lengan melalui gerakan menekuk dan meluruskan siku agar otot-otot lengan terlatih lebih kuat. Opsi jawaban B, C dan D bukan jawaban yang tepat karena pada ketiga opsi tersebut tidak ada yang menekankan pada gerakan lengan.