Aliran Yang Tidak Puas Dengan Sistem Kapitalis

Aliran Yang Tidak Puas Dengan Sistem Kapitalis Disebut Aliran

Kapitalis adalah istilah yang sudah tak asing lagi di telinga. Arti kapitalis sendiri seringkali dikaitkan dengan mereka yang memiliki modal atau pemilik modal. Sementara pahamnya disebut kapitalisme. Arti kapitalis juga diartikan sebagai pasar bebas.

Kelemahan ekonomi Kapitalisme menurut Muhammad Sharif Chaudhry terlihat jelas pada hak milik yang disandarkan kepada individu atas swasta; kebebasan ekonomi tanpa campur tangan negara; monopoli dan bunga sebagai orientasi ekonomi, akibatnya menghasilkan eksploitasi dan ketidakmeratanya distribusi kekayaan yang pada.

Pada ramalan Marx tentang runtuhnya Kapitalisme disebutkan terjadinya Over Weight Production yakni kondisi dimana terjadi kelebihan produksi akibat teknologi dan kebutuhan yang telah tercukupi. Kondisi ini adalah faktor penyebab utama jatuhnya kapitalisme.

Aliran yang tidak puas dengan sistem kapitalis disebut aliran Sosialisme atau Sosialisme Negara.

Pembahasan

Sosialisme adalah ideologi atau konsep yang ingin mewujudkan masyarakat yang dibangun secara kolektif menjadi masyarakat yang bahagia. Oleh karena itu, sosialisme dapat disamakan dengan kesejahteraan masyarakat itu sendiri dan memfokuskan perjuangannya padanya.

Arus yang tidak puas dengan sistem kapitalis adalah arus sosialisme. Aksi protesnya adalah bahwa di abad ke-21 industri kapitalisme pasar bebas belum mampu menyelesaikan isu-isu terpenting atau penting seperti kemiskinan, kelaparan, eksploitasi, penindasan ekonomi, seksisme, rasisme, penghancuran sumber daya alam dll. Anda. .