Macam-Macam Informasi Yang Disampaikan Melalui Radio Atau Televisi Mencakup

Macam-Macam Informasi Yang Disampaikan Melalui Radio Atau Televisi Mencakup

Macam-macam informasi yang disampaikan melalui radio atau televisi mencakup sejumlah bidang, mulai dari informasi politik, informasi ekonomi, informasi sosial dan budaya. Informasi yang berkenaan dengan pendidikan, informasi yang berhubungan dengan gaya hidup, kesehatan ataupun hiburan dan masih banyak lagi lainnya.

Pembahasan

Berbagai jenis informasi yang dikirimkan melalui radio atau televisi secara umum terbagi menjadi dua jenis, yaitu AUDIO dan AUDIOVISUAL. Termasuk dalam kategori audio jika informasi yang disajikan hanya berupa VOICE, misalnya pada siaran radio. Adapun yang termasuk dalam kategori audiovisual, jika informasi yang disajikan tidak hanya disertai dengan suara, tetapi juga dengan GAMBAR (bergerak atau video), misalnya di televisi.

Informasi audio dan informasi audiovisual memiliki kelebihannya masing-masing.

 

Berita bisa mencakup bidang apa saja?

Berita adalah laporan tercepat tentang fakta atau gagasan terkini yang benar, menarik atau penting bagi sebagian besar masyarakat melalui media berkala seperti surat kabar, radio, televisi atau media internet. Topik umum yang diliput dalam liputan berita meliputi perang, pemerintahan, politik, pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi, bisnis, mode, dan hiburan, serta atletik, peristiwa unik atau tidak biasa. Pengumuman pemerintah tentang upacara kerajaan, undang-undang, pajak, kesehatan masyarakat, dan kejahatan telah disebut berita sejak zaman kuno.

Orang memiliki keinginan yang hampir universal untuk belajar dan berbagi berita, yang mereka puaskan dengan berbicara satu sama lain dan berbagi informasi. Perkembangan teknologi dan sosial. Yang seringkali didorong oleh komunikasi pemerintah dan jaringan mata-mata, telah meningkatkan kecepatan penyebaran berita dan memengaruhi kontennya. Genre berita seperti yang kita kenal saat ini terkait erat dengan surat kabar. Lahir di China sebagai pemberitahuan pengadilan dan disebarluaskan di Eropa melalui kertas dan percetakan.

Unsur-Unsur Sebuah Berita

Sebuah cerita memiliki beberapa unsur. Item berita pertama adalah yang paling baru, item baru adalah yang terpenting dari sebuah item berita. Masih berita panas menarik perhatian pembaca, bukan berita lama. Unsur berita selanjutnya adalah jarak, jarak antara terjadinya berita dengan tempat terbitnya berita mempunyai arti penting. Catatan juga mengakui luar biasa, yang kami maksud dengan luar biasa adalah sesuatu yang aneh. Sesuatu yang luar biasa selalu menarik perhatian orang. Unsur terakhir adalah dampak, ketika kita berbicara tentang berita mengacu pada jarak dari tempat berita itu diterbitkan, dekat atau jauh, di mana kecelakaan itu terjadi, Carl Warren menyatakan bahwa hal terpenting di dunia bagi seseorang adalah sesuatu tentang dirinya.