Letak Astronomis Benua Antartika

Letak Astronomis Benua Antartika

 

Benua Antartika adalah salah satu benua paling misterius yang ada di dunia. umumnya informasi yang kita peroleh mengenai benua Antartika adalah seluruh permukaannya yang tertutupi oleh es, meskipun ada pula yang menyatakan bahwa tidak seluruh bagian benua Antartika diselimuti oleh es.

Antartika adalah benua yang hampir seluruhnya tertutup es. Antartika memiliki kelembapan rendah, suhu lebih dingin daripada tempat lain di Bumi, gersang, memiliki angin tercepat, dan ketinggian tinggi. Dianggap sebagai gurun, dengan curah hujan hanya 200mm di sepanjang pantai dan lebih sedikit di darat. Luas Benua Antartika Luas benua Antartika adalah 15.540.000 kilometer persegi, kira-kira dua kali luas benua Australia.

Secara astronomis, Antartika terletak di 66,5°-90° lintang selatan. Benua Antartika dibatasi oleh Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Baca juga: Benua Afrika: astronomis, geografis, iklim, dan negaranya Benua Antartika tidak memiliki penduduk asli. Diperkirakan 1.000 orang tinggal di Antartika pada satu waktu, tetapi ini juga bergantung pada musim. Orang yang tinggal di Antartika biasanya menggunakan zona waktu mereka sendiri. Meski tidak ada penduduk tetap, 29 negara yang menandatangani Traktat Antartika memiliki stasiun penelitian yang umumnya digunakan sepanjang tahun.

 

Pembahasan

Secara astronomis benua Antartika terletak pada

66.5⁰LS – 90⁰LS.

Berdasarkan letak astronomis tersebut, dapat disimpulkan bahwa benua Antartika secara geografis terletak di Kutub Selatan Bumi. Di permukaan bumi, benua Antartika dikelilingi oleh samudra-samudera besar dunia, yaitu samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Karena letaknya yang berada di Kutub Selatan Bumi, maka benua Antartika secara alami sangat berbeda dengan benua lainnya, sehingga benua Antartika memiliki keunikan tersendiri.