Menciptakan Peluang Usaha

Berikut Yang Diperlukan Dalam Menciptakan Peluang Usaha Adalah

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membuat suatu usaha adalah peluang usaha. Untuk menciptakan peluang usaha, salah satu hal yang sangat diperlukan adalah ide usaha.

Salah satu cara yang diperlukan dalam menciptakan peluang usaha adalah jeli memanfaatkan keterbatasan di sekitar. Caranya dengan mengamati kebutuhan yang diperlukan oleh konsumen.
Dalam menciptakan peluang usaha perlu didasari dengan rasa selalu ingin mencoba hal baru. Semakin sering seseorang mencoba hal baru, semakin terampil dirinya menemukan sebuah peluang usaha.

Teknik Mengumpulkan Ide dan Peluang Usaha

Menurut McGrath dan MacMillan dalam Modul Guru Pembelajar SMK Kompetensi Profesional: Peluang Usaha karya Mira Sartika dkk., terdapat teknik dalam mengumpulkan ide dan peluang usaha, antara lain seperti di bawah ini:
  • Merancang konsep bisnis sebagai gambaran singkat dari ide yang diinginkan.
  • Membuat tipe peluang seperti apa yang diinginkan.
  • Membuat penetapan waktu sebagai pertimbangan kapan usaha akan dimulai.
  • Mencatat halangan dan rintangan yang mengganggu jalannya sebuah usaha.
  • Menggunakan sumber daya profesional untuk menunjang keberhasilan usaha.
  • Dalam kompetisi, catat siapa saja pesaing usaha yang akan dibentuk.
  • Mengenali tren bisnis yang sedang ramai di pasaran.

Pembahasan

Soal di atas sepertinya tidak lengkap karena seharusnya disertai juga dengan pilihan jawabannya. Berikut adalah soal yang lengkap:

Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum membuat suatu usaha adalah peluang usaha. Untuk menciptakan peluang usaha, salah satu hal yang sangat diperlukan adalah

A. Analisa usaha

B. Harga barang

C. Ide usaha

D. Permintaan konsumen

Maka dari itu, jawaban yang paling tepat adalah pilihan (C). Pilihan (C) tepat karena hal pertama yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan sebelum menciptakan suatu usaha ekonomi adalah memiliki ide usaha terlebih dahulu. Dengan adanya ide usaha ini, seorang wirausahawan bisa menilai kualitas dari ide usaha tersebut dan bisa menciptakan peluang usaha menggunakan barang atau jasa yang tercipta dari ide usaha tersebut. Ide usaha sendiri bisa dibilang adalah konsep awal dari suatu usaha ekonomi yang akan berisikan ide dan konsep dari usaha ekonomi yang akan dijalankan oleh seorang wirausahawan.

 

Pilihan (A), (B), dan (C) salah karena bukan merupakan hal yang diperlukan untuk bisa menciptakan peluang usaha.