Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia

Apa Fungsi Pancasila Bagi Bangsa Indonesia

PANCASILA adalah ideologi dasar bangsa Indonesia. Pancasila mengandung lima sila atau prinsip yang menjadi pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Sebagai ideologi dan pandangan hidup, Pancasila memiliki banyak fungsi yang akan dijelaskan pada bab-bab berikut.

Ideologi dan nilai-nilai Pancasila menjadi leitmotif dan dasar dalam mengatur dan menghayati kehidupan berbangsa dan bernegara. Peranan pancasila dalam kehidupan bernegara dapat dirinci lebih lanjut dalam berbagai aspek kehidupan bangsa Indonesia. Setiap?

Fungsi pancasila dalam kehidupan bernegara adalah dasar negara, cita-cita negara, pandangan hidup, jiwa kebangsaan, kepribadian bangsa, sebagai kesepakatan luhur, sumber hukum, cita-cita dan tujuan bangsa dan negara. filsafat. kehidupan bangsa Indonesia.

Fungsi Pancasila dalam Kehidupan Bernegara
1. Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia
Nilai-nilai Pancasila menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia dalam mencapai kesejahteraan lahir dan batin masyarakat yang beraneka ragam. Pancasila juga mengatur cara pandang bangsa Indonesia sebagai petunjuk kehidupan sehari-hari.

2. Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia
Pancasila sebagai jiwa bangsa lahir bersamaan dengan kelahiran bangsa Indonesia. Kendati baru disahkan saat kemerdekaan, nilai-nilai Pancasila dan butir-butir Pancasila sudah tertanam pada rakyat sebelum kemerdekaan menjadi cerminan jiwa bangsa.

3. Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia
Pancasila memberi ciri khas dan corak bangsa Indonesia dari bangsa lain. Baik dari sikap mental maupun tingkah laku yang baik menjadi perwujudan nilai-nilai Pancasila. Karena itu, Pancasila juga berfungsi sebagai identitas bangsa yang harus ditanamkan sebagai kepribadian pada individu bangsa Indonesia.

Pembahasan

Berikut ini adalah beberapa fungsi pancasila bagi bangsa Indonesia:

  1. Pancasila berfungsi sebagai DASAR dari negara Indonesia sehingga diposisikan sebagai landasan dalam mengatur serta menyelenggarakan pemerintahan.
  2. Pancasila berfungsi sebagai SUMBER NILAI, maksudnya adalah bahwa pada setiap sila pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjadi acuan atau dasar berperilaku dan mengambil tindakan.
  3. Pancasila berfungsi sebagai KEPRIBADIAN bangsa Indonesia, maksudnya adalah bahwa pancasila merupakan corak khas yang membedakan Indonesia dengan bangsa lainnya di dunia.
  4. Pancasila berfungsi sebagai sumber segala sumber hukum bagi bangsa Indonesia, maksudnya adalah pancasila menjiwai semua produk hukum yang ada di Indonesia.
  5. Pancasila berfungsi sebagai cita-cita serta tujuan bangsa Indonesia sehingga difungsikan sebagai paradigma pembangunan.
  6. Pancasila berfungsi sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia yang digali dari dalam diri bangsa Indonesia sendiri dan kemudian disepakati oleh rakyat.