Melestarikan Hewan dan Tumbuhan

Mengapa Kita Perlu Melestarikan Hewan dan Tumbuhan

Indonesia yang terdiri dari banyak pulau dan hutan serta keanekaragaman hayati. Namun, seiring berjalannya waktu, campur tangan manusia yang tidak tepat dapat mengancam kelestarian berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Seiring dengan perubahan kondisi iklim yang memungkinkan terjadinya berbagai bencana alam di negeri tercinta ini. Misalnya banjir, gunung meletus, kebakaran hutan, yang dapat menyebabkan kepunahan beberapa jenis hewan.

Menyusul kepunahan yang terjadi, beberapa spesies hewan menjadi langka di negara kita. Baca juga: Mengapa pemanasan global dapat menyebabkan kepunahan spesies? Oleh karena itu, kita harus melakukan segala upaya untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang terancam punah. Upaya apa yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan alam?

Manusia harus melestarikan tumbuhan dan hewan dikarenakan untuk mengurangi tingkat kepunahan pada hewan tumbuhan yang perkembangbiakannya lambat. Selain itu, pentingnya menjaga kelestarian tumbuhan dan hewan ialah sebagai berikut :

  • Untuk menjaga keseimbangan ekosistem sesama makhluk hidup dan lingkungannya.
  • Untuk memenuhi kebutuhan manusia (sumber pemenuhan kebutuhan).
  • Untuk menciptakan lingkungan yang nyaman : tercipta dari keseimbangan ekosistem dan keanekaragaman hayati.
  • Untuk melestarikan keanekaragaman hayati : tingkat variasi atau keberagaman makhluk hidup.

Pembahasan  

Banyak spesies tanaman dan hewan yang langka. Kelangkaan ini akan terus meningkat jika manusia tidak menjaga dan melestarikan keberadaan tumbuhan dan satwa untuk kehidupannya. Hewan dan tumbuhan telah punah karena faktor utama manusia. Namun alam juga bisa disebut sebagai faktor tumbuhan dan hewan yang terancam punah. Contohnya termasuk ketidakmampuan hewan dan tumbuhan untuk beradaptasi dengan lingkungannya dan bencana alam. Bentuk konservasi satwa dan tumbuhan langka dapat dilindungi oleh pemerintah.