Apa Yang Dilakukan Oleh Orang Yang Beriman Kepada Malaikat Jibril

Apa Yang Dilakukan Oleh Orang Yang Beriman Kepada Malaikat Jibril– Merupakan makhluk ciptaan Allah yang terbuat dari cahaya (nur). Termasuk makhluk ghaib. Ghaib artinya sesuatu yang tidak dapat dicapai oleh panca indra, tidak tampak dan tidak dapat dijangkau akal manusia.

Meskipun malaikat termasuk makhluk ghaib kita wajib mengimani atau mempercayai keberadaannya. Menurut bahasa berasal dari bahasa Arab, kata iman berasal dari kata amana – yu;minu yang berarti membenarkan. Iman menurut istilah adalah kepercayaan dari dalam hati, dengan penuh keyakinan, tidak ada keraguan di dalamnya, serta memberi pengaruh bagi pandangan hidup, tingkah laku dan perbuatan sehari- hari.

Kepada malaikat adalah mempercayai dan meyakini keberadaan malaikat sebagai makhluk Allah yang diberikan tugas masing-masing sesuai kehendak Allah. Beriman kepada malaikat adalah rukun iman kedua, hukumnya wajib. Umat muslim wajib mengimani atau mempercayai keberadaan malaikat.

Yang dilakukan oleh yang beriman kepada malaikat Jibril adalah

  1. Selalu berusaha mencari dan memohon hidayah kepada Allah.
  2. Bersyukur dengan cara berbagi ilmu kepada orang lain.

Pembahasan

Malaikat adalah makhluk Allah SWT. dia yang terbuat dari cahaya (nur) taat dalam menjalankan perintah Allah dan tidak pernah melanggar sedikit pun.

Merupakan rukun iman yang kedua. Sepuluh malaikat yang sering disebutkan dalam Al Quran dan Hadits, yaitu Jibril, Mikail, Israfil, Izrail, Munkar dan Nakir, Raqib, Atid, Malik dan Ridwan. Apa Yang Dilakukan Oleh Orang Yang Beriman Kepada Malaikat Jibril

Peran malaikat Jibril adalah memberikan wahyu kepada para nabi dan rasul.