Nama-Nama Pantai dan Laut Di Pulau Sumatera

Nama-Nama Pantai dan Laut Di Pulau Sumatera– Indonesia adalah merupakan sebuah negara kepulauan terbesar di dunia dengan lebih dari tiga ribu pulau besar maupun kecil. Diantara pulau terbesar yang dimiliki Indonesia, ada diantaranya adalah termasuk Pulau Sumatera. Pulau ini merupakan pulau terbesar ketiga yang berada di Indonesia setelah Pulau Kalimantan dan Pulau Papua. Berikut adalah kondisi geografis pulau Sumatera berdasarkan peta yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Berdasarkan peta global menunjukan bahwa Indonesia memiliki kekhasan yang tersendiri. Selain dikelilingi oleh ribuan pulau yang mengelilinginya juga memiliki tampilan yang sangat mudah untuk dapat dikenali. Salah satu pulau besar yang dimiliki Indonesia diantaranya adalah Pulau Sumatera.

Apabila melihat dari gambar petanya, Pulau Sumatera sangat mudah untuk dikenali karena sangat mirip dengan bentuk “garis miring”. Namun demikian, dari sisi geografis Pulau Sumatera juga menunjukan kekhasannya tersendiri apabila dilihat dari peta.

Berdasarkan peta memperlihatkan bahwa garis pantai yang sangat panjang di miliki oleh pulau Sumatera. Oleh karena itu, Sumatera juga dikenal memiliki sejumlah destinasi wisata pantai yang cukup indah di Sumatera.

Berikut ini adalah nama-nama pantai dan laut di pulau Sumatera:

  • Samudra Hindia (Laut)
  • Selat Malaka (Laut)
  • Selat Bangka (Laut)
  • Air Manis (Pantai)
  • Tapak Tuan (Pantai)
  • Lampuk (Pantai)

Dan lain sebagainya.

Pembahasan

Sumatera adalah salah satu dari sekian pulau besar di kepulauan Indonesia. Luas keseluruhan Sumatera adalah 473.481 kilometer. Nama lain pulau ini adalah Andalas, Percha, Suwarnadwipa. Jumlah penduduk yang menghuni Sumatera secara keseluruhan adalah sebanyak 57.940.351 jiwa.

Sumatera terdiri atas 10 provinsi dengan jumlah kota besar sebanyak 15. Kota-kota besar ini antara lain Binjai, Medan, Jambi, Dumai, Bengkulu, Banda Aceh, Batam, Palembang dan masih banyak lagi lainnya.