Manfaat Wayang Bagi Pengembangan Warisan Budaya

Manfaat Wayang Bagi Pengembangan Warisan Budaya–Manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya adalah sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan dalam berbagai bidang kehidupan manusia.

Wayang merupakan salah satu seni budaya Indonesia yang sangat legendaris. Oleh sebab itu, banyak masyarakat Indonesia dari berbagai kelas sosial dan ekonomi tertarik menyaksikan pertunjukan wayang. Namun, apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya Indonesia?

Sebelum membahas mengenai manfaatnya, kamu harus mengetahui definisi dari wayang. Mengutip buku Mengenal Wayang(2012), wayang adalah seni pertunjukan kebudayaan Jawa yang sering diartikan sebagai “bayangan” atau samar-samar yang dapat bergerak sesuai lakon yang dihidupkan seorang dalang.

Manfaat Wayang bagi Pengembangan Warisan Budaya Indonesia
Wayang memiliki berbagai manfaat yang dapat dilihat dari beberapa nilai atau perspektif. Kira-kira apa manfaat wayang bagi pengembangan warisan budaya Indonesia?

1. Nilai Religius
Nilai religius dalam pergelaran wayang dimulai pada zaman Kerajaan Demak. Pertunjukan wayang di masa ini bermanfaat untuk menyebarkan agama Islam serta nilai-nilai atau ajaran di dalamnya. Hal ini dapat dilihat dari pergelaran wayang lakon Jamus Kalimasada.

2. Nilai Filosofis
Pagelaran wayang senantiasa terdiri dari beberapa bagian atau adegan yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Tiap-tiap bagian melambangkan fase atau tingkat tertentu dari kehidupan manusia. Dalam hal ini, pertunjukan wayang sangat merepresentasikan nilai filosofis dalam warisan budaya Indonesia.

3. Nilai Kepahlawanan
Nilai kepahlawanan dalam wayang salah satunya tampak dari kisah Ramayana atau Mahabarata dan tokoh-tokoh kepahlawanannya. Kisah mengenai Ramayana dan Mahabarata ini bermanfaat dalam memberikan pesan-pesan patriotisme untuk membela negara.

Pembahasan

Perhatikan paragraf terakhir dari teks “Wayang”

Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang bermanfaat sebagai media pendidikan karena isinya banyak memberikan ajaran kehidupan kepada manusia. Pada era modern ini, wayang juga

banyak digunakan sebagai media informasi. Ini antara lain dapat kita lihat pada pagelaran wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya.Yang terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan.

Untuk menjawab soal ini, kita harus menemukan gagasan pokok yang terdapat pada paragraf terakhir. Gagasan pokok terdapat pada awal paragraf.