Negara Apa Yang Terletak Paling Timur

Negara Apa Yang Terletak Paling Timur

Jika kamu membuka peta, di sana terpampang jelas bahwa negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu Myanmar. Diikuti dengan dua negara lainnya, yaitu Laos dan Vietnam yang sama-sama menyandang sebutan negara yang terletak paling utara di ASEAN.

Negara apa yang terletak paling timur di ASEAN? ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah sebuah organisasi yang terdiri dari beberapa negara yang berada di Asia Tenggara. ASEAN awalnya dibentuk dipelopori oleh 5 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Seiring berjalannya waktu ASEAN saat ini terdiri atas 10 negara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar, Laos, Brunei Darussalam, Vietnam, Kamboja.

Wilayah Asia merupakan bagian yang luas di dunia dengan terbagi menjadi beberapa wilayah negara salah satunya adalah ASEAN (Asia Bagian Tenggara). Negara di ASEAN yang terletak paling timur wilayah tersebut adalah Indonesia dan Timor Leste.

Pembahasan

ASEAN adalah asosiasi negara-negara Asia Tenggara yang terdiri dari beberapa negara antara lain Thailand. Indonesia, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Brunei Darussalam, Laos, Singapura, Filipina, Myanmar, dan terakhir Timor Leste. ASEAN, sebagai negara bagian dari Indonesia.

Secara geografis, kawasan Asia Tenggara sebagian besar terdiri dari ras Melayu dan beriklim tropis serta mengandalkan sektor pertanian yang kuat untuk hasil alamnya. Terutama Thailand yang dikenal sebagai negeri lumbung padi. Daerah persebaran Secawa bagian utara adalah negara Myanmar, Laos, Filipina dan Vietnam. Sedangkan di sebelah barat ada Myanmar, Thailand dan Indonesia. Di bagian selatan adalah Indonesia dan Timor Leste, sedangkan di bagian paling timur adalah pulau Papua Indonesia dan negara Timor Leste.