Perbedaan Teks Prosedur Dengan Teks Lainnya

Perbedaan Teks Prosedur Dengan Teks Lainnya–Teks prosedur adalah tulisan atau informasi yang berisi langkah, cara serta tahapan untuk melakukan sesuatu. Inilah yang menjadi ciri utama dari teks prosedur.

Tanpa disadari, dalam keseharian kita sering kali menjumpai berbagai macam jenis teks prosedur. Jenis teks ini rupanya dapat kita temukan di balik kotak mie instan hingga alat elektronik. Apa itu teks prosedur?
Pengertian teks prosedur secara rinci dipaparkan dalam buku CMS Cara Menguasai Soal Bahasa Indonesia SMA dan MA Latihan Soal dan Pembahasan HOTS yang disusun oleh Tomi Rianto (2019:107) yang menyebutkan bahwa teks prosedur adalah sebuah teks yang berisi langkah atau tahapan untuk melakukan suatu hal. Langkah tersebut dapat berupa melakukan kegiatan maupun membuat sesuatu yang disajikan dengan urutan-urutan tertentu.
Isi dari prosedur teks itulah yang menjadi perbedaan utama teks prosedur dengan jenis teks lainnya. Tak hanya itu, penggunaan kalimat dan bahasa dalam teks prosedur teks juga menjadi poin penting yang membedakan prosedur teks dengan jenis teks prosedur lainnya.
Teks prosedur ini memiliki beberapa macam jenis yang dibedakan berdasarkan isinya. Berikut ini beberapa jenis teks prosedur yang perlu kita ketahui, antara lain:

Penjelasan:

Tentu teks prosedur berbeda dengan teks eksplanasi ataupun eksposisi.

  • Teks eksplanasi lebih menekankan pada mengapa serta bagaimanasesuatu bisa terjadi, atau sebab-akibat. Contoh: hujan lebat menyebabkan banjir di Ibu Kota Jakarta.
  • Teks eksposisi lebih menekankan pada pendapat yang bisa berupa komentar, penilaian dan saran berdasarkan fakta. Tujuannya untuk meyakinkan orang lain.

Seperti yang dijelaskan di atas, kalau teks prosedur berisi langkah untuk melakukan sesuati. Misal: resep membuat makanan, cara membuat tas, cara memasang lemari dan cara membersihkan alat masak yang benar.  Bisa juga ditemukan pada petunjuk pemakaian. Tujuannya supaya pembaca melakukan secara tepat langkah yang sudah diinformasikan, sehingga hasilnya lebih akurat.

Ciri-ciri teks prosedur adalah:

  • Menyediakan informasi soal bahan dan alat yang digunakan.
  • Menggunakan kalimat perintah.
  • Menggunakan kata-kata yang bersifat teknis.
  • Tujuannya jelas menghasilkan sesuatu.
  • Banyak menggunakan kata konjungsi seperti setelah itu, selanjutnya, dan lalu.
  • Berisi permintaan dan himbauan.