Cepat Kaki Ringan Tangan Artinya

Cepat Kaki Ringan Tangan Artinya– Peribahasa merupakan salah satu jenis ungkapan dalam bahasa Indonesia yang tidak menyampaikan maknanya secara langsung. Peribahasa biasanya digunakan dalam kalimat untuk membuat kalimat tersebut menjadi lebih bervariasi selain itu peribahasa juga bisa menghindarkan penulis kalimat dari menyebutkan kata-kata kasar secara langsung apabila ingin menyampaikan kalimat yang sifatnya negatif.

Namun peribahasa bukan hanya yang sifatnya negatif, melainkan banyak peribahasa yang digunakan untuk menyebut hal-hal positif misalnya peribahasa atau ungkapan cepat kaki ringan tangan. Untuk mengetahui arti dari ungkapan tersebut simak ulasannya berikut ini.

Kita mulai dari membahas pengertian peribahasa dikutip dari buku Cakap Peribahasa, Puisi Baru & Pantun karya Puput Alviani, (2017: 7) pengertian peribahasa merupakan bentuk bahasa kias atau bahasa yang tidak mengungkapkan makna langsung tetapi menggunakan perbandingan. Biasanya, perbandingannya berbentuk kalimat atau bisa juga berbentuk kalimat-kalimat ringkas yang berisi ungkapan, perumpamaan, perbandingan, nasiha, prinsip hidup atau aturan tingkah laku kehidupan.

Pada umumnya, kelompok kata atau kalimat dalam peribahasa memiliki struktur susunan yang tetap, dan merupakan bentuk biasa terhadap suatu maksud titik kalimat yang dipakai biasanya mengesankan dan memiliki arti yang luas.

Di dalam suatu peribahasa terdapat unsur sistem budaya masyarakat yang berhubungan dengan nilai-nilai, pandangan hidup, norma dan suatu aturan dalam masyarakat.

Arti peribahasa cepat kaki ringan tangan artinya adalah orang yang suka menolong.

Pembahasan

Cepat kaki ringan tangan, bergerak dengan cepat ketika ada orang lain yang membutuhkan bantuan.

Contoh pada kalimat:

Ardi adalah seorang anak yang cepat kaki ringan tangan sehingga Ia disukai oleh orang banyak.

Dalam hidup bertetangga, kita harus membudayakan cepat kaki ringan tangan di setiap kegiatan yang diadakan oleh masyarakat.