Bentang Alam Malaysia

Bentang Alam Malaysia

Di negara Malaysia, berikut adalah bentang alam yang ada di negara tersebut:

  • Danau: danau yang ada di Malaysia adalah danau Pedu, Putrajaya, dan Chini.
  • Laut: laut yang ada di Malaysia adalah laut Sulu dan China Selatan.
  • Pulau: dikarenakan juga merupakan negara kepulauan, kita bisa menemukan berbagai macam pulau yang ada di Malaysia, seperti pulau Papan, PInang, Ligitan, dan Ketam.
  • Sungai: sungai yang ada di Malaysia adalah sungai Kesang dan Lipis.
  • Gunung: gunung yang ada di Malaysia adalah gunung Kinabalu yang juga merupakan gunung paling tinggi di Malaysia.
  • Selat: selat yang ada di Malaysia adalah selat Malaka.

Wilayah dari pada malaysia beriklim tropis, Malaysia memiliki sungai-sungai yang berkelok kelok dan gunung gunung yang tinggi salah satunya adalah gunung Kinabalu.

Luas wilayah Malaysia

Malaysia sendiri terbagi menjadi dua wilayah dengan luwas wilayah kurang lebih 330.434 Km yaitu Malaysia Barat dan Timur.

Malaysia Barat :

Terletak di semenanjung Malaka, berbatasan dengan Thailand di utara dan Singapura di selatan. Wilayah ini terdiri dari sebelas negara bagian. Gunung tertinggi di adalah Gunung Darat (2190m).

Malaysia Timur :

Terletak di bagian utara pulau Kalimantan di Malaysia Timur, berbatasan dengan Indonesia di selatan dan Brunei di utara. Malaysia Timur terdiri dari dua negara bagian, yaitu Sarawak (dengan Kuching sebagai ibukotanya) dan Sabah (dengan Kinabalu sebagai ibukotanya). Juga, wilayah ini terletak di Laut Mediterania. Gunung Kinabalu adalah gunung tertinggi di Malaysia dengan ketinggian 4.198 meter.

Pembahasan

Malaysia adalah salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara dan juga merupakan negara tetangga dari tanah air kita, Indonesia. Malaysia merupakan negara kepulauan yang daratannya terbagi di dua wilayah, yaitu pada pulau Kalimantan dan pada Semenanjung Malaysia. Sebenarnya, jenis bentang alam yang bisa kita temukan di Malaysia kurang lebih sama dengan  yang ada di Indonesia.

Itulah Tadi pembahasan tentang Bentang Alam Malaysia,  semoga bermanfaat!