Salah Satu Contoh Dari Buku Nonfiksi Adalah

Salah Satu Contoh Dari Buku Nonfiksi Adalah–Banyak orang mengatakan bahwa membaca buku nonfiksi itu susah, ngantuk, dan sulit dipahami. Bukan seperti cerita fiksi yang mampu menyentuh emosi dan imajinasi pembacanya. Penilaian seperti itu salah sejak awal karena buku tidak boleh dibandingkan. Lagipula, ada beberapa buku nonfiksi yang ringan, menghibur, dan asyik dibaca di toko buku.

Bahkan, jumlah buku nonfiksi semakin meningkat akhir-akhir ini. Terutama buku-buku tentang kesehatan mental, peningkatan diri, penerimaan diri dan aktualisasi diri. Uniknya, sebagian besar buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan, mudah dipahami, dan mengandung unsur humor juga.

Lalu apa sebenarnya buku nonfiksi itu? Apa jenisnya? Dan mengapa Anda harus membacanya? Mari kita bahas satu persatu disini.

Nonfiksi adalah tulisan yang berisi cerita tentang kejadian nyata atau berdasarkan fakta yang ada. Oleh karena itu, buku nonfiksi merupakan buku yang memuat kejadian aktual, sehingga cenderung bersifat informatif.

Selain itu, penulis buku nonfiksi perlu melakukan observasi dan mengumpulkan data untuk menulis bahan yang mempertimbangkan buku yang mereka tulis. Inilah mengapa banyak orang menjadikan buku jenis ini sebagai salah satu sumber informasi utama mereka.

Karena sifatnya yang informatif, penulis cenderung menggunakan bahasa yang jelas, tepat dan apa adanya. Bahasa seperti ini disebut juga bahasa denotatif. Dengan kata lain, bahasa mampu membuat pembaca langsung mengerti apa yang ingin disampaikan oleh pengarang.

Buku nonfiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan fakta atau hal-hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan buku nonfiksi, buku fiksi adalah buku yang ditulis berdasarkan imajinasi atau khayalan penulisnya dan juga dapat berdasarkan kejadian yang terjadi di sekitarnya.

Pembahasan

Contoh dari buku nonfiksi adalah

  1. Buku motivasi.
  2. Buku biografi.
  3. Buku pelajaran.
  4. Buku panduan penggunaan.

Buku nonfiksi, disebut juga dengan buku pengayaan. Jadi, buku nonfiksi dapat berupa buku-buku motivasi, keagamaan, teknologi, seni, sejarah, biografi, dan sebagainya.

Contoh buku nonfiksi tentang biografi adalah

Judul: A History of God

Penulis: Karen Armstrong

Tahun terbit: 2004