Gaya Yang Terdapat Pada Permainan Ketapel Adalah

Gaya Yang Terdapat Pada Permainan Ketapel Adalah

Gaya yang digunakan pada permainan ketapel adalah gaya pegas. Gaya pegas digunakan untuk melemparkan batu yag berada di ketapel. pegas pada berasal dari karet yang ditarik. Dengan ditariknya pegas pada mainan ini, maka batu pada mainan akan terlempar. Mari kita bahas  Yang Terdapat Pada Permainan ini Adalah

Permainan Tradisional Ini adalah mainan sederhana yang berbentuk huruf Y. Pada bagian atas (kanan dan kirinya) diikat dengan karet dan ditengahnya dipilin dengan sebuah kulit sebagai tempat batu yang akan dilontarkan.

Sebetulnya digunakan oleh anak-anak zaman dulu untuk berburu, namun seiring perkembangan masa hanya digunakan untuk belajar menembak sasaran. Alat permainan ini tidak digunakan untuk menembak sasaran manusia, karena dinilai berbahaya.

Alat permainan yang sangat dikenal oleh anak-anak yang besar di era 1990-an kerap digunakan untuk menembak buah mangga dan jambu. Setelah buah yang dibidik jatuh, anak-anak biasanya sangat senang dan memakannya bersama-sama.

Ketapel dibuat dengan menggunakan tiga material, antara lain kayu, karet, dan kulit. Bahan Kayu sangat mudah diperoleh dan material karet bisa menggunakan karet biasa dan karet ban bagian dalam.  Wadah pelontar batu bisa juga menggunakan kulit.

Cara memainkan tidak sulit. Setelah ketapel dibuat, carilah batu dan taruh pada kulit tempat pelontar batu. Lalu, batu tarik dengan sekuat kuat, silakan arahkan pada sasaran dan lepaskan. Jika sasarannya tepat maka akan mengenai sasaran.

Menariknya, tidak hanya sekedar sebagai mainan anak-anak, ini juga kerap digunakan senjata untuk berperang antar kelompok atau suku. Alat permainan ketapel menjadi bagian beberapa suku bangsa di pedalaman Indonesia.

Pembahasan

Gaya adalah dorongan atau tarikan yang dapat menyebabkan benda bergerak, berhenti atau berubah bentuk. Ada berbagai macam bentuk gaya yaitu:

  1. otot, yaitu yang berasal dari kekuatan otot, contohnya saat mengangkat balok menggunakan tangan.
  2. pegas, yaitu berasal dari karet atau pegas yang diregangkan atau ditarik. Contohnya saat bermain ketapel.
  3. gesek, yaitu yang berasal dari dua benda yang saling bergesekan, contohnya ban mobil yang bergesekan dengan aspal atau jalan.
  4. magnet, yaitu dari magnet sehingga dapat menarik benda-benda disekitarnya.
  5. listrik statis yaitu yang dihasilkan oleh benda – benda yang memiliki muatan listrik statis.
  6. gravitasi yaitu  kekuatan bumi untuk menarik benda ke bawah, sehingga semua benda yang memiliki massa jika jatuh pasti akan menuju bumi atau kebawah.