Aliran Lukisan Yang Mengambil Objek Keindahan Alam Adalah

Aliran Lukisan Yang Mengambil Objek Keindahan Alam Adalah

Dalam seni rupa, ada berbagai jenis aliran yang menggambarkan objek visual dalam karya seni. Salah satu aliran yang sering digunakan adalah aliran naturalisme. Aliran ini merupakan salah satu aliran dalam seni yang biasa digunakan untuk mengungkapkan kesan romantisme. Tidak hanya itu, aliran naturalisme memiliki sejarah yang cukup panjang dan banyak pihak yang berjasa dalam aliran ini.

Untuk lebih jelasnya artikel ini membahas tentang pengertian, sejarah, ciri-ciri dan ciri-ciri naturalisme, beserta contoh-contoh karyanya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Naturalisme adalah aliran seni yang menekankan keakuratan dan kesamaan objek yang digambar untuk membuatnya tampak lebih alami dan realistis daripada referensi mereka di alam. Aliran artistik ini merupakan bentuk apresiasi para seniman terhadap keindahan alam yang ada. Biasanya para seniman ini mengangkat tema keindahan pemandangan di sekitar mereka, seperti yang terjadi pada gerakan indie mooi di Indonesia.

Seniman terkadang memilih cahaya latar yang lebih dramatis, terutama saat fajar dan senja. Mereka melakukan ini untuk mencapai pencerahan jam emas. Pemilihan cahaya yang dramatis ini adalah salah satu ciri aliran romantisme yang ditujukan pada naturalisme. Dimana naturalisme menganggap bahwa dalam pencahayaan yang tidak dramatis keindahan alam tetap muncul.

Aliran naturalisme ini adalah contoh bagaimana sekolah seni dapat diinterpretasikan berabad-abad setelah gerakan awalnya. Karena meski gerakan naturalisme merupakan bentuk perkembangan dari realisme dan melawan romantisme, namun prototipenya sudah ada sejak abad ke-17. Kemudian, pada tahun 1820-an, bentuk awal naturalisme menjadi tren dominan dalam seni lukis lanskap. Ini sebagian besar disebabkan oleh pengaruh seorang seniman Inggris bernama John Constable.

Selama periode ini, kelompok seniman dan sekolah yang ditujukan untuk masyarakat umum didirikan di berbagai belahan dunia. Beberapa dari sekolah ini adalah Akademi Norwich di Inggris bagian timur, Akademi Barbizon di Prancis tengah, dan Akademi Sungai Hudson di bagian utara New York. Sekolah-sekolah inilah yang mempengaruhi seluruh Eropa.

Aliran lukisan yang mengambil objek keindahan alam adalah Naturalisme.

Penjelasan:

Naturalisme adalah aliran seni yang mengutamakan keakuratan dan kemiripan objek yang dilukis agar tampak natural dan realistis seperti referensinya yang terdapat di alam.