Berapakah Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Lampung

Berapakah Jumlah Kepadatan Penduduk Provinsi Lampung–Kepadatan penduduk provinsi lampung adalah 277jiwa/km². Lampung merupakan salah satu provinsi yang terletak di sebelah barat Indonesia atau lebih tepatnya berada di pulau Sumatera. Secara umum provinsi Lampung memiliki luas wilayah sekitar 34-35 kilometer persegi, dan beribukota di Bandar Lampung.

Melansir dari hasil sensus penduduk tahun 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) melalui lampung.bps.go.id/quickMap (diakses pada 26/7), saat ini sendiri jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung mencapai sekitar 8,5 juta jiwa lebih.
Adapun rincian dari jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung yang mencapai 9 juta jiwa tersebut terdiri dari sekitar 4,5 juta lebih penduduk berjenis kelamin laki-laki, dan 4,3 juta jiwa lebih yang berjenis kelamin perempuan.
Jika dibandingkan antara luas wilayah serta kepadatan jumlah penduduk, maka Provinsi Lampung diperkirakan memiliki kepadatan penduduk sekitar 268 jiwa per meter perseginya. Berdasarkan informasi tersebut, maka Provinsi Lampung sendiri menduduki urutan kedua sebagai provinsi terpadat di pulau Sumatera, setelah provinsi Kepulauan Riau.
Sebagai salah satu provinsi di pulau Sumatera yang memiliki penduduk yang padat, jumlah kepadatan penduduk provinsi Lampung sesuai sensus penduduk 2020 menurut BPS sendiri disebut memiliki angkat yang bervariasi pada setiap daerahnya.
Misalnya saja angka kepadatan penduduk tertinggi ditempati oleh kota Bandar Lampung selaku ibukota provinsi tersebut. Angka kepadatan penduduknya sendiri mencapai sekitar 6 ribu jiwa lebih per kilometer persegi. Sedangkan angka kependudukan terendah ditempati oleh Kabupaten Pesisir Barat, yakni sekitar 54 jiwa per kilometer persegi.

Pembahasan:

Rangkuman Provinsi Lampung:

1) Provinsi Lampung adalah provinsi yang terletak di pulau Sumatera paling selatan, letak geografisnya antara 103° 40′ – 105° 50′ BT dan 6° 45′ – 3° 45′ LS.

2) Provinsi Lampung berbatasan langsung dengan Sumatera Selatan dan Provinsi Bengkulu di sebelah utara. Sementara Selat Sunda terletak di sebelah barat dan selatan, provinsi Lampung berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah timur.

3) Propinsi Lampung yang dahulu termasuk Propinsi Sumatera Selatan, didirikan pada tanggal 18 Maret 1964 dengan keputusan pemerintah n. CXVII Tahun 2009. 14 Tahun 1964

4) Luas wilayah provinsi Lampung adalah 34.623,80 km² dan jumlah penduduk tahun 2017 kurang lebih 9.549.079.

Kepadatan penduduk = Jumlah penduduk : luas wilayah

= 9.549.079 : 34.623,80

= 276,79 jiwa/km²

Kita bulatkan kepadatan penduduk lampung kira-kira 277 jiwa/km².

Ibukota propennsi Lampung adalah Bandar Lampung.