Tanaman Mangga Dikembangbiakan Secara Vegetatif Buatan Dengan Cara

Tanaman Mangga Dikembangbiakan Secara Vegetatif Buatan Dengan Cara– Cara perkembangbiakan secara vegetatif  buatan untuk tanaman mangga adalah dengan cara mencangkok. Mencangkok dilakukan dengan memberikan media tanam pada kambium ranting pohon agar tumbuh akar baru. Dengan metode mencangkok akan diperoleh sifat tanaman sama dengan induknya dan menghasilkan bibit yang lebih baik.

Perkembangbiakan vegetatif adalah proses perkembangbiakan pada tumbuhan secara tidak kawin. Perkembangbiakkan secara vegetatif bisa dilakukan dengan cara menanam bagian dari tubuh induknya.

Jadi, bagian-bagian tubuh pada tumbuhan, seperti batang, umbi, akar tinggal, geragih, tunas atau daun akan ditanam untuk proses perkembangbiakan.

Perkembangbiakan vegetatif dapat berlangsung secara alami dan buatan. Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah perkembangbiakan secara tidak kawin, yang dilakukan melalui bantuan manusia.

Biasanya hanya tanaman tertentu saja yang sengaja dikembangbiakkan dengan rekayasa. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Perkembangbiakan secara vegetatif buatan dilakukan dengan beberapa cara, seperti melalui stek, cangkok, okulasi (menempel), dan enten (menyambung).

Pembahasan

Mencangkok merupakan salah satu cara perbanyakan tanaman secara vegetatif buatan. Penyambungan dilakukan dengan cara mengupas dahan pohon hingga terlihat kambiumnya. Kambium kemudian ditutup dengan tanah, humus dan plastik. Metode okulasi ini merangsang pembentukan akar baru. Keberhasilan teknik penyambungan ini ditentukan oleh ukuran batang dan sifat media tanam yang digunakan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari mencangkok:

Keuntungan perkembangbiakan tanaman dengan mencangkok

  • Tanaman baru yang diperoleh memiliki sifat sama seperti induknya.
  • Tanaman akan lebih cepat berbuah.
  • Tanaman akan tumbuh tidak terlalu tinggi dan besar.

Kekurangan perkembangbiakan tanaman dengan mencangkok

  • Tanaman biasanya mudah roboh atau tumbang.
  • Tanaman memiliki umur yang lebih pendek.

Selain mencangkok, perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan juga dapat dilakukan dengan cara merunduk. Merunduk merupakan cara perkembangbiakan tumbuhan dengan membenamkan batang tumbuhan di tanah. Sedangkan perkembangbiakan dengan tunas dan penyerbukan biji termasuk dalam perkembangbiakan vegetatif alami. Tanaman Mangga Dikembangbiakan Secara Vegetatif Buatan Dengan Cara