Letak Astronomis Singapura

Letak Astronomis Singapura

 

Letak astronomis Singapura berada di antara  1°11’ LU – 1°28’ LU dan antara 103°38’BT – 104°5’ BT, luas wilayah negara ini kurang lebih 658 km persegi.

Batas geografis negara Singapura adalah sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Selat Johor.
  • Sebelah selatan berbatassan dengan Selat Singapura.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Selat Karimata.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Selat Malaka.

Singapura adalah Negara yang terletak di kawasan Asia tenggara. Merupakan Negara Koloni imperial Inggris yang pernah bergabung pada federasi Malaysia pada tahun 1963, setelah mendapatkan kemerdekaan dari Inggris, Singapura memisahkan diri dari federasi Malaysia dan berdiri sebagai Negara sendiri pada 19 agustus Tahun 1965.

Singapura merupakan Negara maju dengan pendapatan per kapita USD. 87.100,-Pendapatan Domestik Bruto ( PDB Nominal ) : USD. 487,9 MiliarTermasuk Negara Maju yang mempunyai tulang punggung ekonomi pengolahan barang import dan export.

Industri manukfatur elektronik, pengolahan minyak bumi, bahan kimia, industri perkapalan, pengolahan karet mentah dan industri bahan makanan, pelabuhan dan sektor pariwisataSistem Pemerintahan yang diterapkan adalah pemerintahan Republik Parlementer yang dikepalai oleh seorang Presiden.

Memiliki penduduk dengan jumlah 5.781.728 jiwa. Bahasa yang dipakai adalah bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Melayu, bahasa Tamil. Singapura merupakan salah satu pendiri ASEAN pada tahun 1967, juga merupakan anggota APEC dan PBB.