Simak Karya Yang Dihasilkan Dari Teknik Mozaik

Simak Karya Yang Dihasilkan Dari Teknik Mozaik–Mozaik adalah karya seni rupa dua atau tiga dimensi dengan menggunakan bahan seperti kaca, keramik, atau media lain yang dipotong-potong atau bongkahan, kemudian ditata dalam bidang datar dan ditempelkan menjadi pola, gambar, atau lukisan yang memiliki estetika. nilai.

Bahan yang dipotong untuk mozaik biasanya memiliki ukuran yang sama untuk mencapai keharmonisan. Merajut disusun untuk menciptakan pola atau pemandangan tertentu. Menurut buku Basics of Art, mozaik pada mulanya dikenal sebagai karya seni yang terbuat dari potongan-potongan batu berwarna. Seni mosaik populer selama periode Bizantium. Saat ini, mozaik dapat dibuat dari berbagai bahan alami dan buatan manusia.

Bahan untuk membuat mozaik

Mosaik dapat dibuat dengan potongan kertas, kulit telur, keramik, kaca, daun, batu, kayu, dll. Bahan lain yang diperlukan untuk membuat mozaik antara lain lem, alat pemotong, dan permukaan untuk menempelkan potongan.

Cara membuat mozaik

Cari tahu cara membuat mozaik di bawah ini.

1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan

Alat dan bahan yang digunakan adalah:

  • Tanah atau alas.
  • Lem.
  • Pensil.
  • Alat pemotong (cutter atau gunting)
  • Karet.
  • Potong bahan sesukamu, seperti kulit telur, kertas, daun, dll.

2. Menentukan luas atau alas yang akan digunakan

Tentukan luas atau alas yang berhubungan dengan potongan bahan yang digunakan. Sebaiknya pilih alas dengan bahan yang kuat dan tebal agar potongan-potongan bahan saling menempel dengan erat. Beberapa pengaturan dasar yang dapat Anda pilih adalah papan, karton, kayu, dan kanvas.

3. Menggambar sketsa yang diinginkan.

Tentukan gambar yang akan disalin pada permukaan alas. Gambar dapat berupa hewan, tumbuhan, transportasi, rumah adat, dan sebagainya. Salin gambar menggunakan pensil agar mudah dihapus jika terjadi kesalahan. Pastikan gambar berukuran cukup besar agar potongan bahan dapat ditempel dengan pas.

4. Oleskan lem pada sketsa yang telah dibentuk

Mulai oleskan lem pada bagian yang akan ditempel potongan bahan. Gunakan sedikit lem agar mudah untuk diatur dan tidak berantakan.

5. Tempel potongan bahan pada bidang atau alas

Tempel potongan bahan pada bagian yang lebih besar terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan bagian yang kecil.

6. Tunggu sampai lem yang tadi digunakan mengering

Biarkan karya mozaik kering sepenuhnya agar seluruh bahan merekat sempurna. Untuk memajang mozaik, buat gantungan dari benang. Rekatkan ujung benang menggunakan selotip yang lebar. Mozaik siap dipajang.

Karya hasil Dari Teknik Mozaik

Jawaban:

Contohnya adalah, figura kaca

Penjelasan:

Teknik mozaik merupakan suatu teknik yang akan menghasilkan sebuah gambar dengan menambah sesuatu pada gambarnya. Contohnya seperti figura kaca.