Mengapa Abu Bakar Diberi Gelar As-Siddiq

Mengapa Abu Bakar Diberi Gelar As-Siddiq–Abu Bakar As Siddiq adalah Khalifah pertama dari Rashidun Khulafaur. Beliau adalah sosok yang sangat setia kepada Rasulullah SAW, bahkan hingga akhir hayatnya.
Abu Bakar lahir pada tahun 572 M. di Mekkah, tak lama setelah kelahiran Rasulullah SAW. Karena kedekatannya tersebut, Abu Bakar bersahabat dengannya sejak kecil.
Persahabatan antara Abu Bakar dan Nabi tidak dapat dipisahkan sebelum dan sesudah kedatangan Islam. Hubungan ini semakin erat karena keduanya berjuang menegakkan agama Allah SWT.
Ia dikenal sebagai Abu Bakar Siddiq di kalangan umat Islam. Gelar tersebut tidak diberikan secara cuma-cuma oleh Rasulullah SAW. Lantas mengapa Abu Bakar diberi gelar As Siddiq?

Alasan mengapa Abu Bakar Ash-Siddiq diberi gelar ASH-SIDDIQ adalah karena ia adalah sosok yang pertama membenarkan perkataan Rasulullah SAW utamanya ketika Nabi Muhammad SAW mengisahkan peristiwa Isra’ Mi’raj yang dialaminya. Abu Bakar adalah sosok yang tegas membenarkan kisah tersebut di hadapak kafir Quraisy yang menganggap Nabi berdusta. Mari kita bahas Mengapa Abu Bakar Diberi Gelar As-Siddiq

Pembahasan

Arti Ash-Siddiq adalah orang yang membenarkan. Gelar ini melekar pada nama Abu Bakar setelah ia tidak ragu membenarkan peristiwa Isra’ Mi’raj.

Nama asli dari Abu Bakar Ash-Siddiq sendiri adalah ‘Abdullah bin Abu Quhafah. Ia adalah sahabat Rasulullah SAW yang juga dikenal sebagai saudagar kaya yang dermawan. Ia sosok yang sangat mencintai Rasulullah SAW sehingga tidak ragu membenarkan semua perkataannya juga berani melindunginya dari bahaya. Abu Bakar Ash-Siddiq adalah pemberani yang menemani Rasul hijrah ke Madinah

Selain berkedudukan sebagai sahabat nabi, Abu Bakar Ash-Siddiq juga adalah mertua nabi Muhammad SAW. Selepas nabi wafat, Abu Bakar kemudian diangkat menjadi khalifah pertama umat islam.