Udang Berkembang Biak Dengan Cara

Udang Berkembang Biak Dengan Cara

 

Udang berkembang biak dengan cara bertelur.

Pembahasan

Perkembangbiakan adalah cara memperbanyak atau melestarikan keturunan makhluk hidup. Tujuan dari trah ini adalah untuk menjaga jenis atau keturunannya dari kepunahan. Udang dipelihara dengan cara pemijahan (ovipar). Lihat jenis ternak di bawah ini untuk detailnya:

Perkembangbiakan secara kawin

Reproduksi seksual terdiri dari 3 tahap, yaitu bertelur (ovikultur), nifas (vivikultur), bertelur (ovikultur). Berikut penjelasannya:

  • Perkembangbiakan hewan bertelur (ovipar)

Cara ini dilakukan dengan cara mengalami pertumbuhan pada embrio yang dilengkapi dengan kuning telur. Dan dilindungi oleh cangkang. Lalu menunggu beberapa hari agar embrio tumbuh sempurna maka akan berubah menjadi hewan/individu baru. Contoh hewan ini seperti soal diatas, yaitu udang, ayam, bebek, dll.

  • Perkembangbiakan hewan beranak (vivipar)

Perkembangbiakan ini terjadi pada rahim hewan betina dengan tumbuhnya embrio, embrio ini mendapatkan energi/gizi dari induknya. Dan menunggu beberapa bulan agar menjadi individu/hewan baru. Contoh hewan ini yaitu kucing, sapi, kambing, dll.

  • Perkembangbiakan hewan bertelur-beranak (ovovivipar)

Cara ini dilakukan pada hewan betina dan pembuahannya berupa telur. Lalu tumbuhlah zigot dan menjadi embrio. Dan embrio ini menunggu untuk tumbuh secara sempurna agar bisa menjadi hewan/individu baru. Contoh hewan ini yaitu katak.

 

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa udang dapat berkembang biak dengan bertelur. Karena embrio udang memiliki kuning telur dan dilindungi oleh cangkang. Kemudian tunggu beberapa hari agar embrio hewan tumbuh sempurna dan menjadi individu/hewan baru.