Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni Musik

Pengertian Seni musik adalah hasil cipta sebagai bentuk pengungkapan perasaan dan emosi yang dituangkan dalam bentuk suara atau audio dengan memperhatikan unsur-unsurnya berupa sehingga menghasilkan nada yang indah. Seni musik termasuk cabang dalam seni audio.

Pembahasan

Seni, siapa yang tidak mengenal seni? Seni adalah hasil karya atas pemikiran dan pengungkapan rasa seseorang dengan memerhatikan nilai estetika atau keindahan. Hampir seluruh benda disekitar kita memiliki kesenian masing masing. Contohnya adalah lagu yang selalu kita dengar di zaman modern ini. Lagu itu merupakan salah satu seni, khususnya cabang seni musik. Seni musik memiliki beberapa hal unsur-unsur yang perlu diperhatikan antara lain :

  1. Ritme atau irama
  2. Melodi
  3. Harmoni
  4. Birama
  5. Tangga Nada
  6. Tempo
  7. Dinamik

Seni musik bisa berasal dari anggota tubuh manusia (internal) maupun dari alat musik. Dengan bahasa lain, seni musik ini terdiri atas bernyanyi dan memainkan alat musik. Musik juga bisa dimainkan secara individual maupun berkolompok, contoh berkelompok itu seperti band, paduan suara, canon, acapela, dan lain-lain. Seni musik juga terbagi menjadi dua, yaitu musik tradisional dan musik modern.

Pada umumya, seni musik hanya bertujuan sebagai hiburan semata, misalnya ketika kita lagi bosen, pasti beberapa dari kita memutarkan lagu. Tapi, musik juga bertujuan untuk mengungkaplan ekspresi seseorang, makanya kebanyakan orang yang galau pasti memutar lagu yang galau juga..

Banyak alat yang bisa menghasilkan musik, diantaranya gendang, guitar, piano, drum, bass, seruling, terompet, kajon, angklung,  siter, bonang, kenong, gender , dll

Di jaman modern ini banyak terdapat platform atau media untuk memutar musik dan lebih berfariasi suara, gaya dan ritmenya. Musik juga berkembang semakin canggih seperti adanya penemuan perekam suara dan alat edit musik yang bisa memberikan genre baru pada musik musik terdahulu. Maka dari itu sekarang kita bisa mendengarkan musik dari genre apa saja.

Itulah artikel tentang seni sitmusik, semoga artikel ini membantu dan bisa bermanfaat buat kalian semua, terima kasih.