Contoh Kerajinan Bangun Datar

Contoh Kerajinan Bangun Datar–Di sekitar kita sering dijumpai kerajinan tangan yang terbuat dari bahan limbah, berbentuk pipih. XI. Menurut modul pembelajaran kelas kriya dan kewirausahaan sekolah menengah, pengrajin adalah sesuatu yang berhubungan dengan kerajinan tangan.

Dalam arti lain kerajinan tangan adalah kegiatan membuat suatu benda dengan menggunakan keterampilan tangan atau keahlian.
Sedangkan sampah pipih adalah sampah dengan bentuk dua dimensi. Misalnya, serasah yang memiliki sisi panjang dan lebar, sehingga tidak ada ruang.

Mari kita bahas Contoh Kerajinan Bangun DatarĀ  :

Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan).

berbentuk bangun datarĀ merupakan sebutan untuk bangun” dua dimensi. Bangun dua dimensi adalah bangun datar yang memiliki luas dan keliling. Atau bangun yang hanya terlihat dari dua arah atau dua sisi.

Contoh Kerajinan Bangun Datar

Produk Kerajinan dari Bahan Limbah Berbentuk Bangun Datar

Kerajinan tangan yang terbuat dari bahan bekas dalam bentuk pipih sangat beragam. Ada yang terbuat dari sampah plastik, kardus, kertas, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini pada buku Kerajinan dan Kewirausahaan yang disusun oleh Nunung Kurniawati.

1. Buatan tangan dari sisa kulit jagung
Sekam jagung yang merupakan limbah pertanian sering dianggap sebagai sampah. Padahal, sisa kulit jagung bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan. Misalnya kipas angin, bunga, lampu hias.

2. Kerajinan tangan dari limbah daun pisang
Daun pisang kering biasanya dibakar begitu saja karena dianggap tidak berguna. Padahal, daun pisang kering bisa dijadikan produk kerajinan tangan yang berharga.

Jika ingin menggunakan daun pisang, gunakan daun yang sudah berwarna kuning hingga kecoklatan dan benar-benar kering. Contoh kerajinan tangan adalah tempat pulpen dan tempat gelas.

3. Kerajinan dari sampah plastik
Sampah plastik sulit diurai oleh mikroorganisme dan membutuhkan waktu lama untuk bercampur dengan tanah. Oleh karena itu, sebaiknya limbah plastik ini dimanfaatkan untuk keperluan kerajinan. Contoh kerajinan tangan yang terbuat dari sampah plastik adalah bunga plastik, tas dan dompet.

4. Kerajinan dari kertas bekas
Kertas mudah hancur bila terkena air. Namun bila digunakan sebagai bahan baku kerajinan, kertas dapat diolah agar tidak mudah pecah. Ini dapat dicapai dengan meningkatkan jumlah perekat atau penolak air seperti melamin atau poliester.
Kertas bekas dapat diproduksi sebagai kerajinan tangan dengan menggunakan berbagai teknik. Misalnya teknik anyaman, teknik sobek, teknik melipat dan teknik menggulung (twisting). Kerajinan yang terbuat dari kertas bekas antara lain kotak tisu, tempat sampah, dan tas.