keuntungan penghijauan di kota-kota antara lain karena tanaman dapat

Keuntungan Penghijauan Di Kota-Kota Antara Lain Karena Tanaman Dapat

Lingkungan mengandung banyak sumber daya alam yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam secara optimal dengan bantuan teknologi yang ada, namun jangan lupa bahwa manusia memiliki kewajiban untuk melestarikan alam. Ada banyak cara untuk melestarikan kehidupan, salah satunya adalah penghijauan. Bagian dari manfaat penghijauan kota adalah tanaman dapat menangkap CO2 dan O2.

Aku Cinta Jakarta: Pendidikan Lingkungan Hidup dan Budaya Jakarta Kelas 6 SD oleh Rahmat dkk (2007:122). Beberapa penghijauan bertujuan untuk memperbaiki area yang gundul, sementara yang lain bertujuan untuk memperbaiki kondisi lahan yang sudah baik menjadi lebih baik.
Nah, artikel ini membahas contoh soal ekologi secara lebih detail.

Keuntungan penghijauan di kota-kota antara lain karena tanaman dapat…

c. mengubah CO2 dan udara menjadi O2

Pembahasan:

Oksigen (O2) adalah gas penting dalam kehidupan, sebab diperlukan makhluk hidup untuk bernafas. Gas ini kemudian digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi dalam metabolisme.

Gas oksigen dihasilkan oleh tanaman, dari proses fotosintesis, yang menggunakan karbon dioksida (CO2) dari lingkungan dengan bantuan sinar matahari, untuk menghasilkan gula (C6H12O6) dan oksigen (O2).

Reaksi fotosintesis adalah:

CO2 + H2O + cahaya matahari -> C6H12O6 + O2

Dengan mengurangi kadar karbon dioksida di udara maka kita juga mengurangi dampak pemanasan global. Hal ini karena karbon dioksida merupakan gas rumah kaca yang menyerap panas dan meningkatkan suhu atmosfer.

Selain itu penghijauan di kota-kota juga meningkatkan penyerapan air dan membantu mengurangi banjir akibat curah hujan yang tidak terserap.

Sehingga, penanaman penghijauan di kota-kota sangat bermanfaat bagi penduduk kota tersebut.

Keuntungan penghijauan di kota-kota antara lain karena tanaman dapat…
a. Mengikat gas N2
b. Menjaga keseimbangan jumlah gas CO2, N2, dan O2 di udara.
c. Mengikat CO2 di udara dan membebaskan O2
d. Mengikat CO2 di udara menjadi O2
e. Menyerap limbah-limbah industri