Merupakan Objek Kajian Biologi

Objek Kajian Biologi–Kejadian yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah kandungan mineral dalam bebatuan. Karena ini tersebut tidak membahas tentang mahluk hidup. Kajian biologi selalu berhubungan dengan mahluk hidup.

Objek kajian biologi sangat luas, yang meliputi molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme (individu), pupulasi, komunitas, ekosistem, bioma dan biosfer. Hewan, tumbuhan, sumber daya hayati, dan lingkungan dapat merupakan suatu individu, populasi, komunitas, maupun ekosistem. Dengan demikian, benda mati tidak termasuk  kajian biologi.

Kejadian yang bukan merupakan objek kajian biologi adalah kandungan mineral dalam bebatuan. Karena objek tersebut tidak membahas tentang mahluk hidup. Kajian biologi selalu berhubungan dengan mahluk hidup. Mari kita bahas Berikut Yang Bukan Merupakan  Kajian Biologi Adalah

Yang Bukan Merupakan  Kajian Biologi

Pembahasan

Bilogi berasal dari bahasa yunani, yaitu “bios” yang berarti hidup dan “logos” yang berarti ilmu. jadi ilmu bioogi adalah ilmu yang mempelajari tentang mahluk hidup. Sehingga kajian yang dibahas dalam ilmu biologi juga berhubungan dengan mahluk hidup. kajian biologi meliputi semua makhluk hidup baik  material dan semua proses yang berlangsung di dalam makhluk hidup tersebut yaitu  formal. Tingaktan dalam objek kalian biologi yaitu:

a. Molekul

Molekul tersusun dari atom-atom. Atom tersusun dari proton, neutron, dan elektron. Contoh molekul yaitu molekul DNA dan molekul air. Molekul saling berikatan membentuk ikatan kompleks, selanjutnya membentuk organel sel.

b. Sel

Sel merupakan tingkatan organisasi kehidupan yang tersusun dari organel-organel sel. Sebagian organisme seperti bakteri terdiri atas satu sel, tetapi sebagian besar organisme merupakan kumpulan dari banyak sel yang terspesialisasi. Setiap sel memiliki fungsi untuk melakukan metabolisme serta memiliki kemampuan untuk tumbuh dan berkembang sehingga sel disebut sebagai satuan unit terkecil kehidupan.

c. Jaringan

merupakan sekumpulan sel yang memiliki persamaan struktur untuk melakukan fungsi tertentu. Jaringan ditemukan pada organisme multiseluler.

d. Organ

Sekumpulan jaringan yang bekerja sama untuk melakukan fungsi tertentu akan membentuk organ. Organ hanya ditemukan pada organisme multiseluler. Contoh jaringan epitel, jaringan penyokong, dan jaringan otot bekerja sama membentuk organ lambung.

e. Sistem Organ

Organ-organ yang melakukan fungsi dan tugas yang saling berkaitan satu sama lain disebut sistem organ. Sebagai contoh sistem pencernaan yang tersusun dari beberapa jenis organ antara lain lambung, hati, pankreas, usus halus, dan usus besar.

f. Organisme

Berbagai sistem organ yang bekerja sama melakukan kegiatan kehidupan membentuk individu atau organisme. Organisme terdiri atas organisme uniseluler dan organisme multiseluler. Contoh organisme uniseluler yaitu Protozoa dan Monera. Contoh organisme multiseluler yaitu tanaman bayam dan kucing. Organisme multiseluler terbentuk dari sistem-sistem organ yang bekerja sama dalam satu kesatuan.

g. Populasi

Sekumpulan organisme sejenis yang hidup pada tempat tertentu dan dalam waktu yang sama akan membentuk populasi. Misalnya populasizebra di padang rumput dan populasi pohon kurma di gurun pasir.

h. Komunitas

tersusun dari beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu tempat tertentu. Contoh komunitas sungai yang tersusun dari populasi ikan, populasi kepiting, dan populasi tumbuhan air.

i. Ekosistem

berasal dari kata orkos (rumah sendiri) dan systema (saling memengaruhi). Jadi, ekosistem adalah sistem yang terdiri atas komponen-komponen yang saling memengaruhi dan berinteraksi satu sama lain pada suatu tempat tertentu. Ekosistem terdiri atas komponen biotik dan abiotik. Contoh ekosistem darat. Komponen penyusun ekosistem darat meliputi komponen biotik yang terdiri atas produsen, herbivora, karnivora, omnivora, dan pengurai. Adapun komponen abiotik terdiri atas tanah, udara, dan zat anorganik.

j. Bioma

kumpulan ekosistem di dunia, seperti bioma tundra, bioma gurun, bioma hutan hujan tropis, dan bioma savana.

k. Biosfer

Btingkatan organisasi kehidupan paling kompleks. Biosfer meliputi seluruh lapisan kulit bumi, air, dan atmosfer tempat kehidupan berlangsung.