Perlengkapan Pameran Yang Digunakan Untuk Memajang Karya Dua Dimensi

Perlengkapan Pameran Yang Digunakan Untuk Memajang Karya Dua Dimensi–Panil atau sketsel adalah alat peraga yang digunakan untuk menyajikan karya dua dimensi dan sebagai pembatas ruang. Karya dua dimensi juga bisa ditempelkan pada dinding. Mari kita bahas Perlengkapan Pameran Yang Digunakan Untuk Memajang Karya Dua Dimensi Adalah

Pembahasan

Pameran adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menampilkan suatu karya, yang tujuannya adalah untuk menyajikan produk kepada masyarakat umum baik berupa barang, jasa, maupun hasil. Pameran biasanya merupakan akhir dari elaborasi artistik (visual), yang disajikan/ditunjukkan kepada masyarakat umum. Kegiatan pameran membutuhkan banyak orang dan kerjasama yang erat untuk bisa sukses.

Digunakan untuk menampilkan karya seni, sedangkan karya musik, tari dan teater menggunakan istilah performance/presentasi/pertunjukan. Pameran seni diselenggarakan di sekolah dan siswa sekolah juga berpartisipasi di dalamnya. Pameran yang diselenggarakan dalam satu kelas disebut pameran kelas, yang sifatnya sederhana. Materi pameran disiapkan sendiri oleh mahasiswa.

Tujuan Penyelenggaraan Pameran Seni Rupa

  • Memberikan motivasi pada penonton (publik) untuk mempelajari dan menikmati hasil karya seni rupa.
  • Untuk melestarikan dan pengembangan budaya nasional dan daerah setempat.
  • Di sekolah sebagai praktik atau perwujudan hasil akhir pendidikan seni budaya.
  • Untuk meningkatkan apresiasi seni
  • Sebagai wahana hiburan dan rekreasi para penonton (publik)

Berikut ini adalah komponen penting yang diperlukan dalam sebuah pameran seni

Ruang pameran

Dalam penataan pameran, ruang dikaitkan dengan masalah pengelolaan tempat dan materi pameran. Pameran seni biasanya diadakan di galeri, museum, atau toko seni. Tempat yang dapat digunakan di sekolah adalah ruang kelas, ruang kelas atau koridor sekolah.

Konsep teknis, ruang dibagi menjadi ruang indoor dan outdoor. Jika pameran berada di ruang tertutup, karya yang dihadirkan disesuaikan dengan bentuk ruangan. Kondisi cuaca harus dipertimbangkan saat tinggal di luar ruangan.

Pustek/standar display /level.

Sebuah kotak, biasanya terbuat dari papan, yang digunakan untuk menampung karya seni tiga dimensi.

Label.

Informasi atau keterangan yang berkaitan dengan karya yang dipamerkan dan diletakkan di bawah atau di samping karya. Label harus konsisten. Gunakan kertas yang bagus dan Anda bisa menempelkannya di dinding, sketsa atau senapan. Lengkapi label dengan judul karya, artis/nama artis, media dan tahun produksi,

Katalog

Sebagai sarana promosi, referensi dan souvenir, katalog dapat dicetak di atas kertas atau dalam format elektronik/CD atau DVD.

Buku tamu dan buku kesan

Berisi nomor kolom, nama, alamat/sekolah/jurusan dan tanda tangan. Ini berfungsi sebagai dokumentasi jumlah pengunjung pameran. Buku kesan dan pesan untuk merekam komentar pribadi pengunjung pameran tentang penyelenggaraan pameran atau karya yang dipamerkan.

Tata Cahaya

Berfungsi untuk memperjelas karya yang dipamerkan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan pada panataan lampu di ruangan :

  • Lampu difokuskan pada obyek ( patung atau lukisan).
  • Lampu jangan diarahkan pada dinding yang kosong.
  • Pilih sudut arah cahaya antara 30-45 derajat arah vertikal.
  • Lampu tidak menyilaukan penonton.

Fasilitas Pendukung

Pendukung pameran digunakan untuk memperindah bentuk display dan kenyamanan pengunjung.

  • Kursi untuk istirahat penonton ( bila ruangan cukup luas)
  • Tempat sampah
  • Pot bunga
  • Kipas angin/ AC