Batas Wilayah Benua Antartika

Batas Wilayah Benua Antartika–Antartika; /æntˈɑːrtɪkə/) adalah sebuah benua yang menutupi kutub selatan Bumi, terletak hampir seluruhnya di Lingkar Antartika dan dikelilingi oleh samudra Pasifik, Atlantik, dan Hindia. Dengan luas 14,0 juta km2 (5,4 juta mil persegi), Antartika adalah benua terbesar kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Sebagai perbandingan, Antartika hampir dua kali ukuran Australia. Sekitar 98% Antartika tertutup oleh es, dengan ketebalan rata-rata minimal 1,9 km, yang menutupi seluruh permukaan bumi namun mencapai Semenanjung Antartika di utara.

Antartika adalah tempat terdingin di Bumi, dengan suhu mencapai -85 dan -90 derajat Celcius di musim dingin dan 30 derajat lebih tinggi di musim panas. Bagian tengahnya dingin dan kering dengan sedikit curah hujan. Salju juga terjadi di pantai, dengan rekor 48 inci dalam 48 jam. Hampir seluruh benua ditutupi oleh rata-rata 2,5 kilometer es.

Beberapa negara, terutama yang letaknya tidak jauh dari Antarktika pada awal abad ke-20 mengklaim beberapa wilayah di Antarktika. Pengklaiman ini secara praktis tidak ada artinya, tetapi sering kali digambarkan oleh para ahli kartografi dalam membuat peta dan atlas.

Kebanyakannya yang mengklaim wilayah-wilayah ini memiliki stasiun observasi dan penelitian di dalam wilayah mereka. Perjanjian Antarktika tidak mengakui klaim-klaim ini dan sebagian besar negara di dunia tidak mengakui wilayah-wilayah ini. Beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Rusia tidak atau belum mengklaim wilayah tetapi menyatakan bisa mengklaim wilayah pada masa depan.

Bergantung pada garis lintang dan malam atau siang yang konstan, iklim yang biasa dialami orang tidak ada di benua ini.

Batas Wilayah Benua Antartika sebagai berikut:

  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Arktik.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Selat Bering.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Merah, dan Pegunungan Ural.

Pembahasan

Benua Antartika ini wilayahnya kutub selatan dengan letak astronomis 66,5°LS – 90°LS. Benua ini memiliki ketebalan yang dilapisi es sekitar 2.200 m dan suhunya sekitar -89°C sehingga tidak ada satupun manusia yang menghuninya karena suhunya sangat dingin dan lembab. Namun, benua ini hanya dihuni oleh berbagai tumbuhan dan hewan yang tinggalnya ditempat dingin, yakni fungi, alga, protista, pinguin, dan tundra.

Adapun batasannya adalah :

  • Sebelah utara berbatasan dengan Laut Arktik.
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia.
  • Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Selat Bering.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Merah, dan Pegunungan Ural.