Kita Bersedekah Sesuai Dengan

Kita Bersedekah Sesuai Dengan–Sedekah adalah amalan mulia dengan banyak manfaat. Setidaknya ada 10 jenis sedekah yang paling utama dalam Islam. Setiap?
Allah SWT menjamin bahwa mereka yang menyumbangkan harta di jalan-Nya akan diberi pahala berlipat ganda. Mereka juga menerima pahala yang mulia dari amalnya. Sebagaimana sabda beliau dalam surat Al Hadid ayat 18 adalah:

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah, baik laki-laki maupun perempuan, dan meminjamkan pinjaman yang baik kepada Allah, akan melipatgandakan (pahala) dan memperoleh pahala yang mulia.” (QS. Al-Hadid: 18)

Sebuah hadits menyatakan bahwa sedekah dapat memperpanjang umur dan mencegah kematian yang buruk. Nabi SAW bersabda:

“Sesungguhnya amal seorang muslim dapat meningkatkan kehidupannya dan mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), dan Allah akan menghilangkan kesombongan, kemiskinan dan rasa percaya diri darinya.” (AR.Thabrani)

Amal tidak memanifestasikan dirinya hanya dalam bentuk harta. Amal juga bisa bersifat nonmateri, seperti membantu orang lain dengan tenaga dan pikiran, mengajarkan ilmu dan sejenisnya.

Ada beberapa jenis, yang terpenting adalah dilakukan dengan tulus dan berharap untuk kesenangan Anda. Dikutip dari buku Kehebat Sedekah karya Fuad Abdurrahman, berikut ini adalah 10 jenis sedekah (afdal) yang paling utama.

Pertanyaan pada soal ini adalah berkaitan dengan ibadah sedekah dan infak. Adapun jawaban masing-masing pertanyaan tersebut ada pada bagian berikut ini.

Pembahasan

  • Kita bersedekah sesuai dengan kemampuan diri kita masing-masing. Apabila mampu dengan harta maka keluarkan harta, apabila mampu dengan tenaga, keluarkan tenaga dan sebagainya. Sedekah bukan sekedar harta tapi bisa juga hal-hal bermanfaat selain harta.
  • Tindakan Murni yang menyebut-nyebut ibadah sedekahnya tergolong riya’ sebab ia menginginkan pujian dari manusia. Riya’ ini adalah pertanda ibadah dilakukan dengan tidak ikhlas.
  • Hukum mengeluarkan sedekah atau infak adalah sunah. Artinya adalah diajurkan dan utama dilaksanakan sebab akan mendapatkan pahala dan kebaikan namun apabila tidak dilakukan sekalipun juga tidak mendapat dosa.
  • Allah SWT akan menambah rezeki orang yang bersedekah/berinfak, sebab sedekah ini justru adalah pelancar rezeki.
  • Orang yang berinfak dan bersedekah akan terhindar dari marabahaya atau musibah, ini sesuai dengan hadis dari rasulullah SAW.