Yang Tidak Diperbolehkan Bagi Orang Yang Bersedekah

Yang Tidak Diperbolehkan Bagi Orang Yang Bersedekah–Islam mendorong orang untuk memberi sedekah jika mereka terlalu kaya. Dalam Islam, sedekah adalah salah satu dari 99.898 bentuk kasih sayang kepada orang yang membutuhkan dan meningkatkan pahala pelakunya.

Namun, beramal menurut ajaran Islam tidak bisa dilakukan sembarangan. Padahal, hak sedekah bisa menjadi haram jika pelakunya melakukan perbuatan yang dilarang syariat Islam.

Lantas perbuatan apa saja yang tidak diperbolehkan bagi orang yang bersedekah? Lihat deskripsi item di bawah ini untuk mengetahui beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan untuk amal.

Perbuatan yang tidak diperbolehkan bagi seorang yang bersedekah antara lain adalah

  • Rajin bersedekah hanya ketika dilihat oleh orang lain dan tidak mau bersedekah jika tidak ada yang lihat
  • Menceritakan kepada orang lain perbuatannya setelah bersedekah
  • meminta kembali barang yang disedekahkan ketika merasa marah kepada orang yang diberi sedekah

Pembahasan:

Memberi sedekah kepada orang lain termasuk salah satu amal ibadah yang sangat baik unutuk dilakukan. Akan tetapi, agar pahala sedekah dapat diperoleh dengan maksimal ketika bersedekah harus dengan ikhlas. Tidak boleh bersedekah hanya karena dilihat oleh orang lain atau agar mendapat pujian dari orang lain. Bersedekah yang baik adalah bersedekah ikhlas karena mengharapkan ridha Allah.

Berdasarkan keterangan yang dijelaskan dalam kitab Sedekah Sunnah karya Syekh Muhammad bin Ibrahim at-Tuwayjiry, beberapa amalan yang tidak boleh dilakukan saat bersedekah adalah sebagai berikut.

1. Terjadi tidak dengan ikhlas karena Allah SWT
Sedekah bisa hukumnya haram jika dipahami sebagai riya dan sum’ah (orang ingin memuji). Seperti yang diajarkan oleh Nabi SAW, setiap perbuatan baik harus dilakukan dengan niat tulus karena Allah SWT.

2. Harta sewa tidak halal dan baik
Sedekah tidak boleh diberikan sebagai zakat. Oleh karena itu, jika seseorang tidak memiliki kelangsungan hidup, dia tidak wajib beramal.
Jika seorang muslim memiliki kelebihan harta, ingin bersedekah, pastikan terlebih dahulu hartanya halal dan baik. Karena Allah Maha Tinggi itu baik, Dia tidak menerima apapun kecuali kebaikan.

3. Bukan dari properti terbaik dan terpopuler
Selain harta yang halal dan baik, pastikan yang dihibahkan adalah harta yang paling baik dan paling dicintai, seperti uang. Hal ini diungkapkan dalam firman Allah SWT yang artinya:
“Kamu tidak akan pernah mencapai kebajikan (sempurna) sampai kamu membelanjakan hartamu untuk apa yang kamu sukai. Dan apa pun yang kamu belanjakan, Allah mengetahuinya.” (QS. Ali Imran: 92).