Bentang Alam Indonesia

Bentang Alam Indonesia– Kenampakan alam pada bentang alam Indonesia merupakan salah satu yang terlengkap di dunia. Kenampakan alam itu meliputi laut, pantai, dataran rendah, lembah subur, padang rumput, sungai, danau, bukit, pegunungan, hingga gunung.

Alam Indonesia dikenal sangat indah dan kaya akan berbagai sumber daya alam. Tidak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara tertarik dan datang ke Indonesia. Kegiatan pariwisata ini pun berkembang di sejumlah wilayah seperti Bali, Yogyakarta, Lombok, dan Raja Ampat di Papua, dan lainlain sehingga mendatangkan keuntungan ekonomi yang tidak sedikit.

Tuhan telah menganugerahi negara ini berupa hutan, sungai, danau, gunung, pegunungan, lembah, dan padang rumput yang sangat memesona. Ingatlah keindahan dan kekayaan ini tidaklah semua negara memilikinya. Banyak negara yang sebagian wilayahnya hanya berupa padang pasir, hamparan es, atau padang rumput.

Kenampakan alam pada bentang alam Indonesia merupakan salah satu yang terlengkap di dunia. Laut, pantai, dataran rendah, lembah subur, padang rumput, sungai, danau, bukit, pegunungan, hingga gunung dapat ditemukan di Indonesia.

Bentang alam di Indonesia sangat bervariasi. Masing-masing wilayah memiliki karakteristik masing-masing yang membedakan dengan wilayah lain di Indonesia. Ayo, kenali negerimu lebih dekat lagi.

Alam Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan dengan pemandangan alam yang membentang dari daratan hingga perairan. Sebagai negara kepulauan, topografi atau ketinggian wilayah yang dimiliki Indonesia sangat bervariasi.

Pembahasan

Mengutip situs resmi dari Direktorat Jenderal Konservasi SDA dan Ekosistem, bentang alam ialah pemandangan alam yang berada permukaan bumi yang mempunyai ketinggian berbeda-beda.

Ada beberapa jenis yang tersebar di wilayah Indonesia,  diantaranya yakni gunung, dataran tinggi, dataran rendah, sungai, danau, tanjung, teluk, selat, dan yang lain sebagainya.

Hal ini menghiasi ke 5 pulau besar yang ada di Indonesia, yaitu Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, serta Pulau Papua.