Persamaan Karakteristik Geografis Negara ASEAN

Persamaan Karakteristik Geografis Negara ASEAN–Indonesia dan Filipina adalah dua negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki kesamaan karakteristik geografis. Apa Persamaan Geografi Indonesia dan Filipina?

Dikutip dari buku Geografi Cakrawala 2 karya Munawir dkk., letak geografis suatu negara dapat dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia.

Sedangkan Filipina terletak di kawasan Asia Tenggara, dibatasi oleh Laut Filipina dan Laut Cina Selatan. Berbatasan dengan Vietnam di sebelah timur wilayah ini. Sedangkan di sebelah selatan, Filipina berbatasan dengan wilayah maritim kepulauan Indonesia.

Persamaan Karakteristik Geografis Negara ASEAN

Jawaban:

negara yang strategis dan dikelilingi oleh lautan dan samudra .

serta memiliki iklim tropis dan subtropis .

Penjelasan:

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan organisasi kerja sama regional negara-negara di kawasan Asia Tenggara. Awalnya, ASEAN dibentuk oleh negara-negara yang memiliki sejarah yang sama yaitu menjadi tempat penjajahan (kecuali Thailand). Negara anggota ASEAN terdiri dari 10, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Laos, Myanmar, Brunei Darussalam, Kamboja, Singapura, dan Vietnam.

ASEAN dibentuk dengan tujuan menjalin kerja sama antarnegara yang berada di kawasan Asia Tenggara dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, politik, dan pendidikan. Karakteristik geografis di negara-negara ASEAN umumnya mempunyai kesamaan yaitu:

  • wilayah dengan dataran rendah yang luas,
  • memiliki iklim tropis,
  • mempunyai banyak sungai,
  • dilewati jalur Pegunungan Sirkum Pasifik sehingga memiliki banyak gunung api

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar mengenai salah satu kesamaan karakteristik geografis di negara-negara ASEAN pada soal di atas adalah memiliki iklim tropis.

Selain Thailand, latar belakang kesamaan sejarah negara-negara yang menjadi anggota ASEAN yaitu pernah menjadi negara jajahan bangsa-bangsa Eropa.

Secara astronomis, negara negara ASEAN memiliki iklim yang sama yaitu beriklim tropis. Berdasarkan mata pencahariannya negara negara ASEAN pada umumnya sama seperti bertani, berkebun, pertambangan, nelayan. Sumber Daya alam yang dimiliki negara negara ASEAN adalah cenderung sama seperti jahe, karet, kopi, teh, kelapa sawit.  Hal ini dapat dilihat dari beberapa negara ASEAN yang mengekspor hasil pertaniannya.